News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

MotoGP

Penjelasan Hosting Fee yang Jadi Polemik di MotoGP Mandalika 2024, Ini Rincian Uang Kebutuhan Dorna

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Para pebalap berlaga pada Grand Prix MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika, Lombok Tengah pada 15 Oktober 2023. (Photo by SONNY TUMBELAKA / AFP)

TRIBUNNEWS.COM - Penjelasan hosting fee MotoGP 2024 yang menjadi polemik penyelenggaraan Grand Prix Mandalika. Berikut rincian uang hosting fee yang dibayarkan kepada Dorna Sports.

Balapan MotoGP Mandalika 2024 dijadwalkan berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (27/9/2024) hingga Minggu (29/9/2024).

Penyelenggaraan balapan MotoGP 2024 di Indonesia kini menjadi perbincangan panas. Biaya hosting fee yang mencapai Rp231 miliar hingga detik ini belum diketahui siapa yang bertanggung jawab untuk membayar.

Baik Pemerintah Pusat dan Pemda NTB terkesan angkat tangan perihal masalah tersebut.

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (kiri) berusaha menyusul pembalap WithU Yamaha RNF, Darryn Binder pada tikungan 10 tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (12/2/2022).

Deadline pembayaran hosting fee MotoGP Mandalika 2024 ialah 27 September, alias hari pertama rangkaian balapan berlangsung.

Lantas menjadi pertanyaan, apa itu hosting fee MotoGP dan bagaimana rincian pengeluaran uang yang dilakukan oleh Dorna Sports selaku promotor?

Dilansir laman Motomatters, hosting fee secara garis besar memiliki penjelasan  biaya yang dikenakan kepada penyelenggara atau tuan rumah acara untuk menggunakan fasilitas, tempat, atau infrastruktur yang diperlukan untuk menjalankan acara.

Negara atau kota tuan rumah biasanya membayar biaya hosting ini kepada organisasi atau pihak penyelenggara sebagai bagian dari kesepakatan untuk menjadi lokasi penyelenggaraan acara.

Biaya ini dapat mencakup izin, biaya operasional, logistik, serta peningkatan fasilitas infrastruktur yang diperlukan untuk menyelenggarakan acara.

Namun di ajang balap MotoGP, hosting fee memiliki peran besar terhadap penyelenggaraan event balapan di sebuah negara. Tanpa adanya hosting fee, maka balapan itu batal berlangsung.

Motomatters merinci bahwa hosting fee yang dibayarkan sebagian untuk menutup biaya tahunan tim MotoGP.

Kemudian juga dipakai untuk biaya pengiriman logistik, terutama orang-orang yang bekerja bagi Dorna dalam proses penayangan ke siaran TV.

Baca juga: Alasan MotoGP Mandalika 2024 Mustahil Batal: Dorna Sports Pilih Bayar Penalti atau Beri Kelonggaran

Berbagai pekerja untuk menayangkan rangkaian balapan MotoGP dari hari Jumat hingga Minggu meliputi operator kamera, teknisi audio, video, pilot helikopter hingga produser tv juga menjadi tanggung jawab Dorna untuk membayar biayanya.

Dorna juga memberikan uang kepada IRTA dengan besaran yang telah ditetapkan, mencakup penyelenggaraan dalam satu musim penuh.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini