News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Timnas Indonesia

Eliano Reijnders Tak Sabar Gabung Timnas Indonesia, Lawan Bahrain dan China Menjadi Harapan

Penulis: Muhammad Nursina Rasyidin
Editor: Drajat Sugiri
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders bergabung ke sesi latihan Timnas Indonesia jelang pertandingan melawan Australia.

TRIBUNNEWS.COM - Calon pemain Timnas Indonesia, Eliano Reijnders buka-bukaan soal proses loby PSSI dan rasa tidak sabarnya mengenakan seragam Garuda di dada.

Hal itu ia ungkapkan kepada Yussa Nugraha yang ditayangkan di channel YouTube Yussa pada Rabu (18/9/2024) siang.

Menurut cerita Eliano Reijnders, ia sudah dihubungi oleh PSSI sejak satu setengah tahun lalu bahkan bisa lebih karena ia tidak tahu tepatnya.

Ketika itu, Eliano Reijnders belum merespons tawaran PSSI untuk bermain di Timnas Indonesia karena ia masih fokus mengembangkan karier sepak bolanya bersama klub.

Calon pemain Timnas Indonesia saat diwawancara Yussa Nugraha dalam YouTube pribadi Yussa yang tayang pada Rabu (18/9/2024) siang. (Tangkapan Layar YouTube Yussa Nugraha)

Eliano Reijnders yang lahir di Finlandia memulai karier di FC Twente Youth pada tahun 2015.

Ia kemudian bermain untuk CSV '28 satu musim hingga 2016. Pada musim panas tahun tersebut, ia bergabung dengan PEC Zwolle dari kelompok umur 17, 19, 21, hingga mendapat promosi ke tim utama.

Pada tahun 2022, Eliano Reijnders sempat menjalani peminjaman ke FC Utrecht U21 selama satu musim sebelum akhirnya kembali ke PEC Zwolle pada musim panas 2023 dan bertahan hingga saat ini.

Baca juga: Kesan Pertama Eliano Reijnders saat Bertemu Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong

"Mereka (PSSI) sudah satu setangah tahun mengurus prosesnya, mereka menginginkan aku dari 1,5 tahun yang lalu atau lebih lama dari itu sebenarnya, tapi yang aku ingat mereka 1,5 tahun ini benar-benar fokus dan serius," beber Eliano kepada Yussa.

"Mereka menanyakan ke aku bagaimana pendapatku kalau aku bermain untuk Timnas Indonesia," sambungnya.

"Saat itu jawabannku masih sama sebenarnya. Aku ingin fokus ke klub dulu supaya stabil di klub yang aku main, seperti aku bilang ke kamu juga," tambahnya.

Seiring berjalannya waktu, belakangan ini Eliano Reijnders mulai kepikiran hal itu, bisa membela Timnas Indonesia.

kemudian, agennya bersama pihak terkait dengan PSSI kembali menindaklanjuti proses naturalisasi Eliano ketika dirinya sudah merasa siap.

"Sampai sekitar 2-3 minggu yang lalu, tentunya di belakang pikiranku dari dulu aku selalu memikirkan hal itu (gabung Timnas Indonesia)," ungkapnya.

"Tapi baru 2-3 minggu yang lalu aku benar-benar berfikir kalau ini juga bisa menjadi sesuatu yang indah untuk diri saya sendiri dan juga Indonesia, bisa membela negara yang indah di mana kakek dan mama saya berasal dari sana dan mereka (Indonesia) adalah negara yang gila tentang sepak bola, semua orang cinta dengan sepak bola," tambahnya.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini