News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kisah Villa Verona Milik Novelis Belanda Terkenal Hella S Haasse di Bogor, Kini Jadi Reruntuhan

Penulis: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kondisi Vila Verona, rumah cantik milik sastrawan Belanda Hella Haasse (kanan) yang kini merana tak terawat. Bangunan bersejarah ini berlokasi di samping kantor Dinas Sosial Kota Bogor, Rabu (26/7/2023).

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR - Kota Bogor yang memiliki julukan Buitenzorg dikenal sebagai kota bersejarah yang mengiringi sejarah perjalanan bangsa Indonesia meraih kemerdekaannya dari penjajah kolonial Belanda.

Tak heran di kota ini terdapat begitu banyak bangunan bersejarah mulai dari Istana Bogor dan Kebun Raya-nya yang fenomenal hingga Stasiun Bogor serta rumah-rumah pribadi orang Belanda yang berdiri sejak masa penjajahan.

Deretan rumah dengan arsitektur Belanda klasik tersebut bisa banyak ditemukan di berbagai sudut jalan di Kota Bogor. Satu diantaranya bisa disimak pada sebuah rumah di Jalan Merdeka, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Rumah ini menjadi bukti peradaban antar zaman yang masih bisa digali ceritanya.

Maka tak aneh, bangunan bernuansa Belanda masih banyak dijumpai di Jalan Merdeka ini. Jika melintas di jalan ini, seolah-olah seperti diajak untuk berwisata di masa lalu.

Dari setiap rumah atau bangunan Belanda yang berdiri, masing-masing mempunyai ceritanya tersendiri. Tak jarang, dari beberapa rumah Belanda, tokoh-tokoh besar pada masanya saat itu, pernah ada di dalamnya.

Salah satunya di rumah Belanda yang lokasinya berada tepat di samping Kantor Dinsos Kota Bogor.

Rumah Belanda yang berada di Samping Dinsos Kota Bogor ini disebut sebagai Villa Verona. Rumah ini dimiliki orang Belanda bernama Hella S Haasse yang dikenal sebagai sastrawan. Dia lahir di Hélène Serafia Haasse, Belanda.

"Kalau kita bicara villa verona bangunan sejenis dengannya memang banyak di Jalan Merdeka. Artinya memang yang secara fisik masih bertahan ya vila verona itu. Tapi, yang membuat menariknya justru karena rumah itu diisi oleh pemilik novelis belanda," kata Pemerhati Sejarah Kota Bogor, Taufik Hasunna kepada TribunnewsBogor.com, Rabu (26/7/2023).

Kondisi Vila Verona, rumah cantik milik sastrawan Belanda Hella Haasse yang kini merana tak terawat. Bangunan bersejarah ini berlokasi di samping kantor Dinas Sosial Kota Bogor, Rabu (26/7/2023).

Hella S Haasse berdasarkan literatur, pernah tinggal dirumah ini selama 20 tahun awal dirinya lahir. Hella sendiri lahir pada tahun 1918 silam.

Setelah 20 tahun tinggal di Vila Verona ini, Hella bersama keluarga kembali terbang ke Belanda. Beberapa tempat mulai dari Hindia Bandoeng (Bandung) serta Surabaya menjadi tempat yang pernah ia singgahi.

Hella S Haasse sendiri, merupakan seorang penulis kontemporer yang dianggap penting pada masanya.

Baca juga: Viral Kisah Karyawati Magang di AS Pilih PP Naik Pesawat ke Kantor, Demi Hemat Uang Kost

Hella kerap disebut sebagai Sastrawati Besar asal Belanda. Banyak karyanya berupa, novel, cerpen, essai, serta Autibiografi.

Novel fenomenal yang menjadi buah karyanya yakni berjudul 'Oeroeg'. Oeroeg merupakan novel pertama kali diterbitkan secara anonim pada tahun 1948 dan yang membawa namanya melambung di Eropa.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini