Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Bea Cukai Malang dan Jambi Musnahkan Barang Ilegal Miliaran Rupiah, Termasuk Sex Toy

Bea Cukai Malang dan Bea Cukai Jambi lakukan pemusnahan barang hasil penindakan bernilai miliaran rupiah.

Bea Cukai Malang dan Jambi Musnahkan Barang Ilegal Miliaran Rupiah, Termasuk Sex Toy
Bea Cukai
Kamis (25/6/2020), Bea Cukai Jambi turut melakukan pemusnahan barang barang hasil penindakan terdiri dari 6.177.600 rokok, 130 botol minuman keras, 7 botol liquid vape, dan 44 buah sex toys yang keseluruhannya ilegal. 

TRIBUNNEWS.COM - Bea Cukai Malang dan Bea Cukai Jambi lakukan pemusnahan barang hasil penindakan bernilai miliaran rupiah.

Pemusnahan yang dilakukan di kedua tempat berbeda tersebut dilaksanakan sebagai bukti akuntabilitas pengimplementasian tugas dan fungsi Bea Cukai dalam melakukan pengawasan.

Pada Kamis (25/6/2020) Bea Cukai Malang memusnahkan 3,6 juta batang rokok, 43 botol vape, 295 botol minuman keras, dan 74 barang kiriman pos yang keseluruhannya tidak memenuhi ketentuan undang-undang kepabeanan dan cukai.

Baca: Bea Cukai Tegal Terlibat Aktif Dalam Upaya Pemberantasan Peredaran Gelap Narkoba di Jawa Tengah

Kepala Kantor Bea Cukai Malang, Latif Helmi mengungkapkan bahwa barang-barang tersebut berasal dari 100 surat bukti penindakan, “Seratus surat bukti penindakan tersebut dari periode Januari hingga Juni 2020. Total perkiraan kerugian negara mencapai Rp 2,1 miliar,” ungkapnya.

Latif turut menegaskan bahwa tugas dan fungsi dari Bea Cukai tidak hanya sebagai instansi yang mengelola penerimaan negara tetapi juga sebagai pelindung bagi masyarakat khususnya dari barang-barang impor ilegal.

“Bea Cukai memiliki beberapa fungsi utama yang salah satunya adalah community protector, yaitu melindungi masyarakat dari masuknya barang impor berbahaya dan ilegal. Beberapa contohnya adalah sex toy (mainan seks) dan miras yang memiliki dampak negatif. Kita akan bekerja secara maksimal dalam mengawasi barang-barang tersebut demi menjaga kedamaian di tengah masyarakat,” terang Latif.

Selain meningkatkan pengawasan, Bea Cukai Malang juga menyadari bahwa peran masyarakat sangat penting dalam memberantas peredaran rokok ilegal. Sehingga, Bea Cukai Malang mengimbau kepada masyarakat untuk ikut membantu memberantas peredaran rokok ilegal dengan cara tidak membeli, mengonsumsi, maupun memproduksi barang kena cukai ilegal.

Baca: Bea Cukai Pangkalpinang Musnahkan Sabu Hasil Penindakan Bersama BNN dan Kepolisian

Di hari yang sama Bea Cukai Jambi turut melakukan pemusnahan barang barang hasil penindakan terdiri dari 6.177.600 rokok, 130 botol minuman keras, 7 botol liquid vape, dan 44 buah sex toy yang keseluruhannya ilegal.

Kepala Kantor Bea Cukai Jambi, Ardiyanto mengungkapkan bahwa 6 juta lebih batang rokok yang dimusnahkan kali ini berasal dari pengawasan yang dilakukan secara sinergi antara Bea Cukai Jambi dengan tim Pangkalan TNI Angkatan Laut Palembang.

Baca: Bea Cukai dan BNN Jawa Tengah Perkuat Komitmen dan Sinergi Berantas Peredaran Narkotika

“Akibat dari dari pelanggaran ketentuan perundang-undangan ini dapat menimbulkan kehilangan potensi penerimaan negara sekitar Rp 2.213.500.000 serta dampak immateril berupa terganggunya stabilitas pasar dalam negeri khususnya produk barang sejenis yang dimusnahkan, dan tidak terpenuhinya perlindungan terhadap masyarakat,” tambah Ardiyanto. (*)

 

Ikuti kami di
Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas