Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Citilink Apresiasi Upaya Menhub Tertibkan Izin dan Rute Penerbangan

Maskapai penerbangan murah (LCC) Citilink Indonesia mengapresiasi upaya Menteri Perhubungan RI Ignasius Jonan

Penulis: Dewi Agustina
Editor: Budi Prasetyo
zoom-in Citilink Apresiasi Upaya Menhub Tertibkan Izin dan Rute Penerbangan
IST
Pelaksana Tugas President & CEO Citilink Indonesia, Albert Burhan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Maskapai penerbangan murah (LCC) Citilink Indonesia mengapresiasi upaya Menteri Perhubungan RI Ignasius Jonan dalam menertibkan izin dan rute Penerbangan maskapai di Indonesia. Upaya penertiban ini dilakukan guna mengedepankan keselamatan dan keamanan penerbangan bagi penumpang serta kondisi industri aviasi nasional jauh lebih baik.

"Ini merupakan awal yang bagus karena hasil audit perizinan terbang dilakukan secara cepat, transparandan terbuka. Sehingga upaya untuk menciptakan industri penerbangan nasional yang lebih baik bisa terwujud cepat," kata Pelaksana Tugas President & CEO Citilink Indonesia, Albert Burhan dalam keterangan pers seperti disampaikan Vice President Corporate Communication PT Citilink Indonesia Benny S Butarbutar di Jakarta, Senin (12/1/2015).

Akhir pekan lalu Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengumumkan nama-nama sejumlah perusahaan penerbangan yang melanggar izin terbang dan ancaman sanksi yang akan dikenakan. Citilink tidak termasuk dalam daftar maskapai yang diumumkan oleh Ignasius Jonan itu.

Albert berharap kebijakan tersebuf dapat diikuti dengan kebijakan tegas lainnya yang menyeluruh dan saling mendukung baik dalam bidang safety, security ataupun regulasi lain dalam bidang infrastruktur.

"Adanya kebijakan yang tegas dan transparan pada akhirnya dapat menyakinkan pasar nasional dan internasional terkait standar keamanan penerbangan Indonesia," kata Albert yang sehari-hari menjabat Direktur Keuangan Citilink ini.

Hal penting lain yang perlu disoroti, kata Albert adalah soal pelaksanaan sistem online di bidang penerbangan, baik untuk perizinan terbang maupun rute penerbangan. Sistem online tersebut akan membuat proses perizinan menjadi lebih efisien dan efektif.

"Penerapan standar keselamatan dan keamanan airline sekali lagi tidak boleh diabaikan. Beruntungnya Citilink sejak awal didesain sebagai premium LCC yang artinya tetap mengedepankan keselamatan, kenyamanan serta ketepatan waktu penerbanga, tetapi juga dengan harga tiket yang affordable atau layak," tegas Albert.

BERITA TERKAIT

Citilink juga menilai upaya pemerintah dalam menetapkan izin penerbangan sebagai langkap penting menjelang pemberlakuan ASEAN open sky policy yang tentunya membutuhkan kesiapan dan kematangan industri penerbangan tanah air agar Indonesia dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Citilink kata Albert, mendukung sepenuhnya langkah-langkah perbaikan yang dilakukan pemerintah karena akhirnya dapat meningkatkan daya saing penerbangan nasional, terutama dalam menghadapi open sky dan persaingan industri penerbangan global.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas