Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Di Depan Direktur IMF, Agus Marto Mengaku Ekonomi Indonesia Mulai Membaik

Kebijakan telah dilakukan Bank Indonesia seiring adanya pelemahan ekonomi global, sehingga kondisi tersebut tidak terlalu berdampak

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Di Depan Direktur IMF, Agus Marto Mengaku Ekonomi Indonesia Mulai Membaik
Imanuel Nicolas Manafe/Tribunnews.com
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo ‎menjabarkan kondisi ekonomi Indonesia di deppan Managing Director International Moneter Fund (IMF) Cristine Lagarde.

Menurut Agus, berbagai kebijakan telah dilakukan Bank Indonesia seiring adanya pelemahan ekonomi global, sehingga kondisi tersebut tidak terlalu berdampak ke dalam negeri.

"Pengetatan moneter sejak 2013, fundamental ekonomi kita mulai mengalami perbaikan. Defisit transaksi berjalan lebih rendah, terjadinya surplus neraca perdagangan dan inflasi yang terkendali," kata Agus saat acara Joint IMF-Bank Indonesia Conference, Jakarta, Selasa (2/9/2015).

Pembangunan infrastruktur di berbagai wilayah, dinilai Agus sangat penting guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi di dalam negeri. Tercatat, pemerintah mengalokasikan anggaran infrastruktur pada tahun ini sebesar Rp 290 triliun.

"Proyek-proyek harus dilakukan secara hati-hati. Dukungan investor berdampak pada pembiayaan jangka panjang untuk pembangunan infrastruktur," kata Agus.

Agus menjelaskan, ‎pembiayaan infrastruktur dapat bersumber dari mana saja. Misalnya APBN, investasi swasta, dan bisa melakukan skema ‎kerjasama swasta dan pemerintah (pubblic private partnership/PPP).

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas