Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Tingkatkan Diplomasi Ekonomi RI di Luar Negeri, Menlu Retno Temui KADIN

Kemenlu RI ingin mendorong KADIN lebih terlibat aktif dan terencana dalam program diplomasi ekonomi Pemerintah RI di luar negeri.

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Tingkatkan Diplomasi Ekonomi RI di Luar Negeri, Menlu Retno Temui KADIN
Valdy Arief/Tribunnews.com
Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno LP Marsudi saat memberikan keterangan pada wartawan usai acara pembukaan Kongres Diaspora Indonesia ketiga di Hotel JW Luwansa, Kuningan, Jakarta, Rabu (12/8/2015). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam meningkatkan kinerja Diplomasi Ekonomi Indonesia, Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, menerima Ketua Umum KADIN, Rosan Roeslani dengan jajaranya.

Siaran pers Kementerian Luar Negeri menyebutkan, Menlu bertemu KADIN didampingi Wamenlu, Wakil Ketua Harian Pokja Diplomasi Ekonomi, dan Dirjen Amerop berikut jajarannya. Kemenlu RI ingin mendorong KADIN lebih terlibat aktif dan terencana dalam program diplomasi ekonomi Pemerintah RI di luar negeri.

"Misalnya keikutsertaan sektor ekonomi yang sudah dipetakan relevansi dan potensinya dalam lawatan Presiden RI ke luar negeri," tulisnya, Sabtu (6/2/2016).

Kemudian, diperlukan perumusan target di bidang ekonomi untuk negara mitra dan menerjemahkan investasi politik yang telah dilakukan Kemlu dengan negara-negara sahabat, menjadi investasi dengan nilai ekonomi.

Menlu juga mendorong sektor swasta untuk membantu mendefinisikan secara jelas kepentingan perekonomian nasional.

Dari KADIN, Pemerintah ingin mendapatkan peta kepentingan nasional yang jelas untuk memfasilitasi Pemerintah sendiri dalam melakukan perundingan dengan berbagai negara mitra.

Termasuk juga perudingan tim Pemerintah dalam negosiasi Free Trade Agreement (FTA) dan Comprehensive Economic Partnership (CEP) termasuk Trans Pacific Partnership (TPP).

Selain itu, pertemuan juga membahas rencana kunjungan Presiden RI ke beberapa negara Eropa, yang diharapkan dapat memberikan kontribusi riil bagi perkembangan perekonomian nasional.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas