Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Warna Sprei Ini Disukai Kutu Kasur untuk Bertempat Tinggal dan Beranak Pinak

warna hijau dan kuning dianggap kepinding sebagai warna terang benderang yang akan menunjukkan keberadaannya

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Warna Sprei Ini Disukai Kutu Kasur untuk Bertempat Tinggal dan Beranak Pinak
www.houzz.com
Desain dan tata ruang tempat tidur. 

TRIBUNNNEWS.COM, JAKARTA - Kutu kasur atau kepinding menyukai warna tertentu dari sprei yang digunakan untuk membungkus tempat tidur.

Bahkan, penelitian itu melibatkan berbagai macam tes dan menghasilkan bukti bahwa kepinding akan tinggal dan beranak pinak di kasur dengan spreiwarna tertentu.

Kepinding sangat menyukai warna merah dan hitam, namun hewan dengan nama latin itu cendcimex lectuarius cenderung menghindari warna hijau dan kuning.

Para peneliti beranggapan, temuan ini dapat membantu dalam hal mengendalikan dan memerangkap hama atau kepinding.

"Kami lantas berpikir bagaimana Anda dapat meningkatkan jebakan untuk kepinding dengan menggunakan sebuah alat pengawasan yang bertindak sebagai tempat persembunyiannya dengan menggunakan warna atraktif bagi kepinding," kata Asisten Profesor Biologi Union College, Corraine McNeill.

McNeill menyarankan untuk menambahkan zat pengendali hama pada seprai kesukaan kepinding seperti feromon atau karbondioksida.

Saat uji laboratorium, preferensi warna kepinding tergantung dari usia, jenis kelamin, rasa lapar, dan statusnya apakah berada dalam kelompok atau hanya sendiri.

BERITA TERKAIT

Namun secara umum, preferensi kepinding terhadap warna merah dan hitam adalah sebuah hal yang lazim.

"Kami awalnya berpikir kepinding menyukai merah karena sama dengan warna darah yang merupakan makanannya, namun setelah melakukan penelitian hal itu terjadi karena warna kepinding sendiri merah dan itu sangat cocok sebagai penyamarannya," jelas McNeill.

Sementara warna hijau dan kuning dianggap kepinding sebagai warna terang benderang yang akan menunjukkan keberadaannya. (Ridwan Aji Pitoko)

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas