Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Usai Diperbaiki, Pertamina Sukses Naikkan Produksi Minyak di Platform XRay Jatibarang Field Naik

"Sumur XA-09 merupakan sumur existing, dimana pekerjaan yang dilakukan adalah reparasi sumur pindah lapisan."

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Usai Diperbaiki, Pertamina Sukses Naikkan Produksi Minyak di Platform XRay Jatibarang Field Naik
KONTAN
ILUSTRASI 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pertamina EP berhasil meningkatkan produksi pada penutupan akhir triwulan pertamanya tahun 2017 ini.

Peningkatan produksi diraih anak perusahaan PT Pertamina (Persero) itu dari hasil reparasi sumur atau Kerja Ulang Pindah Lapisan (KUPL) Sumur XA 09 di lapangan lepas pantai Platform XRay yang dioperasikan Jatibarang Field.

"Sumur XA-09 merupakan sumur existing, dimana pekerjaan yang dilakukan adalah reparasi sumur pindah lapisan dari existing Lapisan X-35 & Lapisan X-32 (commingle) ke lapisan X-26 (single completion)", ujar Herman Rachmadi, Jatibarang Field Manager Pertamina EP, dalam siaran pers yang diterima Tribunnews.com, Senin (27/3/2017).

Produksi terakhir sumur XA-09 lapisan X-35 & X-32 per tanggal 3 Februari 2017 mencatat jumlah produksi minyak mentah sebesar 87 Barel Oil Per Day (BOPD).

Setelah dilakukan reparasi sumur, dengan pindah lapisan ke X-26, tercatat saat tanggal 22 Maret 2016, produksi XA-09 meningkat dan stabil dengan tingkat produksi minyak mencapai 2011 BOPD.

Per tanggal 27 Maret 2017 produksi minyak XA09 mencapai 2532 BOPD.

BERITA REKOMENDASI

Pelaksana Tugas Harian Presiden Direktur Pertamina EP Nanang Abdul Manaf menjelaskan, metode untuk menaikkan jumlah produksi adalah dengan mengoptimalkan Lifting dengan Electronic Submersible Pump (ESP).

"Kami selaku manajemen PT Pertamina EP mengapresiasi apa yang sudah diraih oleh rekan - rekan pekerja di Jatibarang Field, yang mampu mengoptimalkan asset yang ada dan berhasil mendapatkan penambahan produksi minyak," kata Nanang Abdul Manaf.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas