Tribun Bisnis

Inspirasi Bisnis

Renaldi, Potret Sukses Pebisnis Online Shop dari Kota Pangkalpinang

Kemampuan membaca tren dan perubahan selera konsumennya merupakan salah satu rahasia sukses Renaldi dan Liana Wati menjalankan bisnis online shop-nya.

Penulis: Choirul Arifin
Renaldi, Potret Sukses Pebisnis Online Shop dari Kota Pangkalpinang
TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN
Renaldi dengan rak tempat penyimpanan stok produk-produk kosmetik dan aneka aksesoris yang dipasarkannya melalui online shop. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Online shop kini menjadi ladang bisnis yang tumbuh subur di Indonesia. Tingginya tingkat literasi internet, penggunaan smartphone yang marak, serta luasnya jaringan pick up point jasa kiriman paket ekspres membuat bisnis online shop makin menjamur, digeluti oleh banyak orang.

Tidak hanya oleh mereka yang tinggal di kota besar, tapi juga oleh mereka yang tinggal kota kecil, bahkan di desa-desa.

Selain melalui website dan marketplace, para pelapak di dunia maya juga banyak memanfaatkan media sosial dan aplikasi di smartphone untuk memasarkan produk-produknya.

Media sosial seperti Facebook dan Instagram belakangan paling populer digunakan para pelaku bisnis online shop untuk mempromosikan produk dan menggaet pelanggan. 

Seperti yang dilakukan pebisnis online shop, pasangan suami-istri Renaldi dan Liana Wati dari Kota Pangkalpinang. Pasangan ini merintis bisnis online shop sejak tahun 2008. Kini, bisnis mereka kini berkembang pesat dengan omset usaha mencapai jutaan rupiah per bulan.

Keduanya merupakan salah satu pebisnis online shop sukses di Kota Pangkalpinang dan menjadi member JNE Loyalty Card (JLC), kartu membership yang disediakan JNE Express untuk pelanggannya yang kerap melakukan pengiriman barang melalui JNE

Renaldi dan Liana Wati memasarkan produknya berupa aneka kebutuhan gaya hidup seperti aneka sepatu, baju, tas, aksesoris, sampai perhiasan dan oleh-oleh lewat media sosial Facebook dan Instagram yang di-back up dengan aplikasi Whatsapp di smartphone.

Di Facebook, Renaldi dan Liana Wati memasarkan produk mereka dengan menggunakan nama akun sang istri, yakni Liana Wati (Be Bles Shop), lengkap dengan foto, keterangan produk dan harganya.

Saat Tribunnews mencoba menyambangi akun ini Jumat (20/10/2017) siang, di wall akun tersebut terpajang aneka produk seperti tas, sampai arloji dan perhiasan. Satu diantaranya, tawaran sebuah tas imut warna pink yang bisa diselempangkan dan bisa diubah menjadi tas ransel. Tas lucu ini ditawarkan seharga Rp 200 ribu.

Ada juga arloji merk Bonia warna emas yang ditawarkan seharga Rp 2.150.000 per unitnya serta arloji Casio dengan tampilan sporty hitam yang ditawarkan seharga Rp 275.000 per buah.

Halaman
1234
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas