Tribun Bisnis

Riset Snapcart: Pengguna ShopeePay Tumbuh Paling Pesat di Bisnis Dompet Digital

ShopeePay menjadi brand aplikasi dompet digital dengan user atau pengguna terbesar (68%), disusul oleh Ovo dan GoPay

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Choirul Arifin
Riset Snapcart: Pengguna ShopeePay Tumbuh Paling Pesat di Bisnis Dompet Digital
tangkap layar Shopee
shopeepay

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Snapcart dalam laporan surveinya menyatakan, ShopeePay menjadi e-wallet yang memiliki laju pertumbuhan jumlah pengguna paling pesat dari awal tahun 2020 ini.

ShopeePay tumbuh melebihi OVO, GoPay, Dana, dan LinkAja.

Pertumbuhan didukung oleh gencarnya strategi ShopeePay dalam menjangkau dan memperoleh konsumen baru, yang terlihat salah satunya melalui kelengkapan fitur dan menambah jangkauan merchant di seluruh Indonesia.

Di satu sisi, integrasi ShopeePay dalam aplikasi Shopee ikut mendukung pencapaian saat ini.

Hasil survei juga menunjukkan dalam 3 bulan terakhir ini, ShopeePay menjadi brand aplikasi dompet digital dengan user atau pengguna terbesar (68%), disusul oleh Ovo dan GoPay yang bersaing ketat di masing-masing 56%, serta Dana (42%), dan LinkAja (19%).

Baca: BI Minta Penyedia Jasa Transportasi Tiru GoPay dan BlueBird Terapkan QRIS

“Lima brand itu paling populer, karena mereka gencar melakukan promosi dan menjalin kerjasama dengan banyak merchant sehingga dikenal oleh konsumen,” ujar Astrid Williandry, Direktur Snapcart Indonesia dalam keterangannya, Senin (24/8/2020).

Baca: GoPay Kuasai Pasar Dompet Digital Tanpa Bakar Uang

Survei dilakukan online selama 3 bulan (Juni, Juli, dan Agustus), yang mencakup seluruh wilayah Indonesia, dengan responden dipilih 1.000 orang.

Selain menjadi e-wallet dengan jumlah pengguna terbesar, ShopeePay juga tercatat memiliki pangsa pasar jumlah transaksi paling tinggi, yakni 32% dari total jumlah transaksi e-wallet di Indonesia, disusul OVO (25% dari total), GoPay (20% dari total), kemudian DANA (16% dari total) dan LinkAja (8% dari total).

Bukan hanya itu, ShopeePay juga mencatatkan pangsa pasar total nilai transaksi terbesar, yakni 34% dari total nilai transaksi e-wallet di Indonesia, diikuti oleh OVO (25% dari total), kemudian oleh GoPay dan DANA yang bersaing ketat di angka masing-masing 16% dan 17%, dan LinkAja (9%).

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas