Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

PUPR Gelar Market Sounding Proyek Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi Bali Senilai Rp 19,36 Triliun

Kementerian PUPR juga mendorong inovasi pembiayaan pembangunan infrastruktur lewat KPBU atau Public Private Partnership

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
zoom-in PUPR Gelar Market Sounding Proyek Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi Bali Senilai Rp 19,36 Triliun
KOMPAS.COM
Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR Eko Djoeli Heripoerwanto 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar market sounding proyek tol Gilimanuk-Mengwi Bali dengan nilai investasi Rp 19,36 triliun.

Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Eko Djoeli Heripoerwanto mengatakan market sounding ini merupakan forum bagi Pemerintah untuk menyampaikan informasi secara menyeluruh mengenai proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Baca: Menteri PUPR: Tol Manado-Bitung Bantu Kembangkan Kawasan Ekonomi Khusus




"Ada dua proyek KPBU yang akan ditawarkan yaitu Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi, dengan nilai investasi Rp 19,36 triliun dan penggantian dan/atau duplikasi Jembatan Callender Hamilton di Pulau Jawa dengan nilai investasi Rp 2,36 triliun," ucap Eko di Jakarta, Rabu (30/9/2020).

Menurutnya, market sounding bertujuan menjaring masukan, tanggapan, dan minta investor.

"Kementerian PUPR selaku Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) atau Government Contracting Agency terus menjalain komunikasi dengan para investor dan pemangku kepentingan untuk menyampaikan perkembangan kedua proyek ini hingga tahap prakualifikasi nanti," ujar Eko lagi.

Dalam pembangunan proyek yang menjadi tantangan yakni pembiayaan, Kementerian PUPR juga mendorong inovasi pembiayaan pembangunan infrastruktur lewat KPBU atau Public Private Partnership (PPP).

BERITA TERKAIT

Melalui skema KPBU akan tercipta daya ungkit/leverage dari hasil investasinya sehingga keuntungan dapat digunakan untuk pembangunan infrastruktur lainnya.

Pemerintah memberikan berbagai fasilitas dan kemudahan, diantaranya melalui pembiayaan sebagian konstruksi, dukungan kelayakan, serta jaminan pemerintah pada proyek KPBU.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas