Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Bisnis Cetak Custom untuk Branding Perusahaan Kini Mulai Gunakan Bahan Ramah Lingkungan

Dulu teknik cetak identik dengan metode digital atau motode offset, kini orang mulai menggunakan lagi metode letterpress

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Bisnis Cetak Custom untuk Branding Perusahaan Kini Mulai Gunakan Bahan Ramah Lingkungan
ist
Cetak custom kini mulai menggunakan bahan kertas yang ramah lingkungan untuk kebutuhan branding perusahaan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Belakangan, banyak bermunculan usaha start-up mikro dengan berbagai macam bidang mendorong pemilik brand berusaha agar brand atau merek mereka menarik para calon pembeli.

Salah satu caranya adalah pemilihan visual, bahan, teknik cetak, ataupun fisihing. Sayangnya, belum semua memahami trend dunia cetak selalu berubah.

Dulu teknik cetak identik dengan metode digital atau motode offset, kini orang mulai menggunakan lagi metode letterpress yaitu metode cetak kuno untuk mendapatkan hasil cetak yang vintage.

Pilihan kertas yang tersedia juga beragam dari bahan lokal, import, kertas daur ulang, sampai kertas food grade untuk makanan.

Baca juga: Ini Spesifikasi Rapid Test Dalam Negeri yang Diklaim Lebih Unggul dari Produk Impor

Keunggulan kertas food grade adalah aman dari bahan berbahaya, mencegah penyebaran bakteri, tahan dipanaskan di microwave, dan tahan masuk kulkas.

Tinta cetak Jung Java menggunakan tinta vegetable based ink yang telah bersertifikat untuk memastikan hasil produksi aman untuk dikonsumsi.

Baca juga: Brand Lokal Bersaing di Bisnis Fesyen Anak di Tengah Gempuran Produk Impor

BERITA TERKAIT

Ada pula finishing seperti laminasi, gold foil, emboss, die cut untuk memperkuat karakter branding anda.

Praktisi desain, Ardy Sidharta mengatakan, grafis atau visual memang menjadi elemen penting dalam branding, namun perlu dipikirkan lebih jauh sampai cost produksi.

"Ada beberapa kasus owner start-up datang dengan full colour design, dan itu menyebabkan harga cetak yang kurang ekomomis," katanya dalam keterangan pers, Minggu (6/12/2020).

Dikatakan alumni  Bachelor of Design  Swinburne University Australia ini, aplikasi dari sebuah branding bisa sangat beragam, mulai dari business card, invitation, letterhead, envelope, calendar, paper bag, hardbox, folding box, wrapping paper, hang tag dan lainya.

Jung Java sebagai produsen cetak yang sudah cukup lama, berdiri sejak tahun 80'an punya alat dan sarana produksi yang mumpuni untuk mewujudkan keperluan personalisasi brand anda.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas