Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Peranan Data dan Kecerdasan Buatan Wujudkan Literasi Keuangan

Menanggapi peran regulator dalam pengembangan perbankan digital saat ini, Vishal mengapresiasi dukungan dari OJK

Peranan Data dan Kecerdasan Buatan Wujudkan Literasi Keuangan
Istimewa
Vishal Tulsian, Presiden Direktur Amar Bank 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Teknologi memiliki peran penting untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Presiden Direktur Amar Bank, Vishal Tulsian mengatakan, saat bertemu calon nasabah, pergi ke rumah mereka dan bertanya mengapa Anda tidak membuka rekening bank, kami menemukan bahwa mereka mengelola arus kas mereka dengan sesuatu yang dikenal sebagai Jar Economy.

"Jadi di rumah mereka ada beberapa toples yang bertanda pendidikan, kebutuhan darurat, biaya makanan, dan lain-lain," kata Vishal Tulsian saat menjadi pembicara dalam Katadata - Indonesia Data and Economic (IDE) Conference 2021 belum lama ini.

Vishal menyebut penghasilan yang diperoleh kemudian dikategorikan dengan memasukkan uang kedalam toples yang telah ditandai sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan mereka.

"Lalu ketika mereka membuka rekening bank, apa yang terjadi? Semua toples digabungkan, mereka mendapat satu nomor rekening dan sekarang mereka tidak dapat lagi mengelola arus kas mereka," katanya.

Vishal menyebutkan, setelah melakukan interview kepada millennials dan hambatan mereka dalam menabung, masalah kebanyakan adanya tekanan sosial yang mengakibatkan mereka memiliki gaya hidup yang sebenarnya tidak mampu mereka jangkau.

Baca juga: Pentingnya Transformasi Digital untuk Pemulihan UMKM

Masalah ini kemudian dibantu dengan meluncurkan produk digital banking Senyumku yang didalamnya terdapat pos-pos keuangan untuk memudahkan nasabah mengelola keuangannya serta kecerdasan buatan (AI).

Ini untuk memonitor kebiasaan pengeluaran, yang akan mengirimkan sinyal pengingat apabila nasabah memiliki pengeluaran yang berlebih atau tertinggal dari target keuangan yang telah mereka tentukan.

Sistem pengingat ini membuat mereka membentuk kebiasaan keuangan yang sehat.

"Inilah peranan data dan kecerdasan buatan (AI) dalam mewujudkan suatu bentuk literasi keuangan kedalam sebuah kebiasaan sehari-hari.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas