Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Mudik Lebaran 2021

Hanya 3 Dermaga di Penyeberangan Merak yang Beroperasi Selama Masa Larangan Mudik

Selama masa pengendalian transportasi, jumlah dermaga dan kapal yang beroperasi dikurangi dan hanya mengikuti kebutuhan saja.

Hanya 3 Dermaga di Penyeberangan Merak yang Beroperasi Selama Masa Larangan Mudik
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Suasana Pelabuhan Merak di Cilegon, Banten, Sabtu (17/10/2020). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan melakukan penyesuaian jumlah angkutan penyeberangan di Merak-Bakauheni, selama periode larangan mudik lebaran 6-17 Mei 2021.

Direktur Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Cucu Mulyana menyebutkan, penyesuaian ini karena adanya penurunan jumlah penumpang pada periode tersebut.

Menurutnya, selama masa pengendalian transportasi, jumlah dermaga dan kapal yang beroperasi dikurangi dan hanya mengikuti kebutuhan saja.

"Saat ini terdapat 3 pasang dermaga yang beroperasi dari semula 7 pasang yang aktif. 3 dermaga ini terdiri dari 1 dermaga eksekutif dan 2 dermaga reguler dengan jumlah kapal 14 unit dari semula 33 unit," ucap Cucu dalam keterangannya, Senin (5/5/2021).

Baca juga: H-5 Lebaran, Trafik Angkutan Logistik di Merak-Bakauheni Meningkat 24 Persen

Tetapi Cucu juga mengungkapkan, meski ada penyesuaian operasional untuk layanan angkutan logistik tetap terjamin dan berjalan dengan nomor.

Baca juga: Sampai Selasa Pagi, Penumpang yang Menyeberang ke Merak Tembus 22.978 Orang

"Angkutan barang tentunya akan dipastikan tetap dapat menyebrang baik dari merak ke Bakauheni ataupun sebaliknya," kata Cucu.

Selain itu Cucu juga menjelaskan, pihaknya terus melakukan pengawasan agar tidak ada pemudik yang lolos menyeberang dari Merak ke Bakauheni.

"Untuk mencegah adanya pemudik yang lolos, kami telah melakukan sejumlah upaya seperti screening di beberapa titik pemeriksaan sebelum kendaraan masuk," ujar Cucu.

Ikuti kami di
Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas