Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Insiden Anak Buka Jendela Darurat di A320 Citilink, Alvin Lie Puji Kesigapan Pilot dan Pramugari

Seorang penumpang anak-anak yang duduk di kursi row 11 tiba-tiba melepas penutup pelindung tuas pintu darurat pesawat Citilink.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Insiden Anak Buka Jendela Darurat di A320 Citilink, Alvin Lie Puji Kesigapan Pilot dan Pramugari
IST
Pengamat penerbangan Alvin Lie. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Baru-baru ini, pesawat Citilink nomor penerbangan QG 944 rute Cengkareng-Batam terpaksa mendarat darurat di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan, Senin (27/9/2021) pukul 16.05 WIB.

VP Corporate Secretary and CSR PT Citilink Indonesia Diah Suryani mengatakan, pendaratan darurat disebabkan gangguan di dalam kabin.

Pemicunya, seorang penumpang anak-anak yang duduk di kursi row 11 tiba-tiba melepas penutup pelindung tuas pintu darurat atau cover handle emergency exit di luar pengawasan orangtuanya.

Menanggapi hal itu, pemerhati Penerbangan Alvin Lie memberikan apresiasi terhadap kesigapan pilot dan awak kabin Citilink yang langsung mengambil keputusan melakukan pendaratan darurat di Palembang.

Alvin Lie mengungkapkan hal itu dalam AviaTalk, Insiden Pesawat! Penumpang Anak Membuka Jendela Darurat, Live di Instagram @alviation dan @citilink, Kamis 30 Septemnber 2021, pukul 10.00 WIB.

Turut hadir sebagai pembicara Captain Teguh Kristiono, Vice President Safety, Security & Quality PT Citilink Indonesia dan Rebecca Dora Maros, mantan awak kabin senior.

Baca juga: Pesawat Citilink Rute Jakarta-Batam Mendarat Darurat di Palembang, Ini Penyebabnya

Alvin mengatakan, penumpang anak-anak yang berada di seat row 11 dalam penerbangan tersebut melepas penutup pelindung tuas pintu darurat atau cover handle emergency exit di luar pengawasan orang tuanya.

BERITA REKOMENDASI

''Terlihat ternyata penumpang anak duduk di seat row 11 di depan green zone emergency row, jadi tidak duduk di kursi emergency. Sedangkan kursi darurat Citilink ada di kursi 12 dan 14,'' ujar Alvin.

Baca juga: Lampu Indikasi Peringatan Bahaya Menyala, Citilink Mendarat Darurat di Palembang

Mantan anggota Ombudsman RI itu menambahkan, awak kabin yang bertugas terlihat sudah melakukan tindakan sesuai prosedur dengan segera menginformasikan kejadian tersebut kepada Captain Pilot. Kemudian, Captain segera memutuskan untuk mengalihkan (divert) penerbangan ke Bandara terdekat untuk dilakukan pengecekan secara teknis kondisi pesawat dan memastikan pesawat dalam kondisi aman, guna menjamin keselamatan dan keamanan penerbangan.

Baca juga: Penumpang dari Luar Negeri Dipastikan Tes PCR Saat Mendarat di Bandara Soekarno-Hatta

''Jadi safety is everbody bussiness, menjadi tanggung jawab bersama. Baik Pilot, awak kabin dan penumpang saling menjaga,'' jelasnya.

Kemudian, mengenai pertanyaan soal Citilink mengangkut anak-anak, Alvin menunjuk keputusan ada di tangan pemerintah.

Peta kursi penumpang
Peta kursi penumpang pesawat Airbus A320 Citilink.
''Maskapai membawa penumpang atas izin dan rekomendasi dari tim Satgas COVID-19 setempat (Bandar udara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang). Citilink bertugas untuk memeriksa kembali kelengkapan dokumen calon penumpang sebelum naik akan naik ke pesawat,'' katanya.

Sementara, Captain Teguh Kristiono, Vice President Safety, Security & Quality PT Citilink Indonesia mengatakan, kemungkinan ketika penumpang anak duduk di seat row 11, saat itu orang tuanya lengah atau tertidur sehingga tidak mengawasi anak.

Jadi si anak tidak pindah duduk, tapi berdiri dari tempat duduknya dan membuka tutup pelindung tuas pintu darurat atau cover handle emergency exit di luar pengawasan orang tuanya.

Ketika tutup pelindung terbuka lampu indikator menyala di kabin dan kopit menandakan pintu darurat tidak tertutup dengan baik.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas