Tribun Bisnis

Kemenperin: IGDS 2021 Tingkatkan Kualitas Desain Produk Industri

Ketiga, penghargaan IGDS 2021 diberikan atas dua kategori, yang pertama desain produk untuk produk jadi dan yang kedua adalah desain konsep

Penulis: Yanuar R Yovanda
Editor: Hendra Gunawan
Kemenperin: IGDS 2021 Tingkatkan Kualitas Desain Produk Industri
Kementerian Perindustrian
Plt Direktur Jenderal IKMA Kemenperin, Reni Yanita. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyatakan, penganugerahan penghargaan Indonesia Good Design Selection atau IGDS 2021 bertujuan untuk mendorong partisipasi desainer dan perusahaan industri.

Hal pertama dari IGDS 2021 adalah tujuannya untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas desain produk industri serta mengembangkan produk terbaik melalui peningkatan kualitas desain kebaruan dan inovasi, serta berkarakter Indonesia.

"Kedua, penghargaan IGDS merupakan penghargaan tertinggi untuk desain produk industri terbaik yang diberikan pemerintah kepada desainer produk industri dan atau perusahaan industri," ujar Plt Dirjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Reni Yanita, Selasa (16/11/2021).

Baca juga: Kemenperin Ungkap Ekspor Sektor Industri Meningkat 35,5 Persen

Ketiga, penghargaan IGDS 2021 diberikan atas dua kategori, yang pertama desain produk untuk produk jadi dan yang kedua adalah desain konsep untuk konsep produk.

"Keempat, IGDS 2021 telah di-launching pada tanggal 4 Maret 2021 dan diikuti sebanyak 361 peserta, dengan rincian 194 pendaftar untuk produk jadi dan 167 untuk produk konsep," kata Reni.

Kelima, peserta IGDS kemudian dinilai melalui beberapa tahapan, mulai dari seleksi administrasi dan dilanjutkan penjurian tahap 1, tahap 2, dan tahap 3.

Baca juga: Ketua AFI Yakin Industri Waralaba Kembali Bangkit saat Pandemi Covid-19 Telah Teratasi dengan Baik

Keenam, tim juri IGDS 2021 berasal dari perwakilan asosiasi desainer Indonesia dan federasi pengemasan Indonesia, praktisi akademisi, pemerhati tren pasar, media, serta perwakilan Kementerian Perindustrian.

"Selain itu, kami juga melibatkan wakil presiden Taiwan Desain Riset Institut sebagai juri penghormatan pada penjurian tahap 3 dan pemeriksa desain industri dari Kementerian Hukum dan HAM," tutur Reni.

Baca juga: OJK Dorong Kolaborasi Lintas Industri Buat Produk Keuangan Digital Ramah Konsumen

Ketujuh, seluruh penerima penghargaan akan mendapatkan sertifikat dan hak penggunaan logo IGDS untuk promosi produk serta profil dan hadiah uang tunai bagi penerima penghargaan.

"Kedelapan, untuk selanjutnya para penerima penghargaan IGDS juga difasilitasi untuk ikut dalam golden PIN design awards 2022," pungkasnya.

Ikuti kami di
  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas