Tribun Bisnis

Presiden Jokowi: Realisasi Investasi di Jawa Barat Bagus

Presiden Jokowi menyebut Jawa Barat sebagai salah satu povinsi yang realisasi investasinya cukup cemerlang.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Choirul Arifin
Presiden Jokowi: Realisasi Investasi di Jawa Barat Bagus
TRIBUNNEWS.COM/Sumber Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, investasi adalah jangkar pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 dan menjadi kunci percepatan pertumbuhan ekonomi.

Jokowi mengaku senang karena ada beberapa kementerian/lembaga, provinsi, maupun kabupaten kota yang mendapatkan anugerah dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), baik yang berkaitan dengan realisasi investasi maupun urusan perizinan.

Secara spesifiik, Presiden Jokowi menyebut Jawa Barat sebagai salah satu povinsi yang realisasi investasinya cukup cemerlang.

"Realisasi investasi di Jawa Barat bagus," kata Presiden Jokowi dalam acara Rapat Koordinasi Nasional dan Anugerah Layanan Investasi 2021 yang disiarkan kanal YouTube BKPM TV, Rabu (24/11/2021). 

Namun, Jokowi mengingatkan bahwa realisasi tersebut tidak akan tercapai jika tidak ada peranan pemerintah daerah.

Baca juga: Presiden Jokowi: Investasi Menjadi Jangkar Pemulihan Ekonomi

Menurutnya, pemerintah daerah harus turun tangan mengawal realisasi investasi. Jangan sampai, kata Presiden, investasi yang datang tak diberikan pelayanan baik.

Baca juga: Upah Murah Tidak Jamin Pertumbuhan Ekonomi dan Investasi Lebih Baik

“Belum tentu kita layani dengan baik, investasi akan datang, apalagi tidak dilayani. Dilayani saja belum tentu investor datang, apalagi tidak dilayani dengan baik. Oleh sebab itu, pola lama, hal jadul harus ditinggalkan,” ucap Jokowi.

“Berikan pelayanan terbaik baik itu investor kecil, investor sedang, layani baik investor gede layani dengan baik. Izin berikan semua gratis, antarkan ke rumah itu pelayanan. Kecil-kecil layani seperti itu,” tambahnya.

Baca juga: Penarikan Pinjaman Luar Negeri oleh Pemerintah Tembus Rp 47,3 Triliun Per Akhir Oktober 2021

Diketahui, Provinsi Jawa Barat berhasil meraih penghargaan terbaik untuk kategori kinerja PPB di tingkat provinsi.

Selain meraih penghargaan untuk kategori kinerja PBB, Jawa Barat juga berhasil meraih award dari Bank Indonesia (BI) sebagai Pemerintah Provinsi dengan Implementasi QRIS Terbaik.

Penghargaan ini juga merefleksikan jalinan sinergi antara BI dan stakeholders bersama-sama Pemerintah, OJK, dan LPS dalam mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas