Tribun Bisnis

Arahan Presiden Jokowi Soal Pengawalan Investasi Mendapat Respon Positif

Para pengusaha menilai, pengawalan langsung dari Kapolda setempat dalam pelaksanaan investasi di daerah dinilai sangat perlu dalam menjaga keamanan

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Muhammad Zulfikar
Arahan Presiden Jokowi Soal Pengawalan Investasi Mendapat Respon Positif
Ist
Hariara Tambunan

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada jajaran Polri terkait pengawalan kegiatan yang berhubungan dengan investasi menuai respon positif dari kalangan pengusaha. 

Para pengusaha menilai, pengawalan langsung dari Kapolda setempat dalam pelaksanaan investasi di daerah dinilai sangat perlu dalam menjaga keamanan dan pengerjaan proyek investasi pembangunan daerah.

Pengusaha sekaligus Politikus Partai Golkar Hariara Tambunan menjelaskan, derasnya arus investasi yang masuk ke Indonesia dalam beberapa bulan terakhir ke Indonesia merupakan angin segar bagi para pengusaha.

"Terutama dalam membantu memulihkan serta menghidupkan kembali roda perekonomian Indonesia ke depan," ujar Hariara dalam keterangannya, Sabtu (4/12/2021).

Hariara mengatakan, instruksi Presiden merupakan komitmen pemerintah dalam mengawal serta menciptakan pemerataan dan percepatan pembangunaan di seluruh Indonesia khususnya di luar Pulau Jawa.

Baca juga: Jokowi: Hati-hati, Jangan Menggadaikan Kewibawaan dengan Sowan kepada Pelanggar Hukum

Untuk itu pendampingan dan pengawalan dari jajaran kepolisian dinilai sangat diperlukan agar rasa aman dapat tercipta di kalangan swasta - BUMN.

"Ya saya kira, hal-hal positif seperti ini patut kita dukung penuh 100 persen, jaminan keamanan dalam pengerjaan proyek investasi antara swasta dan BUMN kan menjadi hal yang mutlak diperlukan karena kalau tidak aman ya kita sebagai pihak swasta pasti akan berpikir dua kali untuk mengerjakannya" imbuh Hariara.

Oleh karena itu, meski mendapat perhatian khusus dari Presiden terkait pengawalan kegiatan investasi, Hariara menambahkan, tidak serta merta kepolisian mempunyai kekuatan super power dalam melaksanakan tugasnya bersama dengan pihak swasta dan BUMN.

Baca juga: Jokowi Ancam Ganti Kapolda yang Tak Bisa Jaga Iklim Investasi di Daerah

"Jangan sampai disalah artikan makna instruksi Presiden (terkait pengawalan investasi) tadi, nanti mentang-mentang presiden menginstruksikan kepada Polri untuk pendampingan (kegiatan investasi) bareng swasta - BUMN, terus mereka seenaknya atur-atur itu kita. Pokoknya kita akan lakukan apapun yang terbaik untuk pembangunan ekonomi negara kita tercinta republik Indonesia," tambahnya.

 
 

Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas