Tribun Bisnis

Dapat Rating Triple B, Reliance Finance Sukses Terbitkan Obligasi Rp 400 Miliar

REFI membagi emisinya dalam 3 seri masing-masing seri A dan B masing-masing dengan nilai pokok sebesar Rp 100 miliar dan seri C sebesar Rp 200 miliar.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Sanusi
zoom-in Dapat Rating Triple B, Reliance Finance Sukses Terbitkan Obligasi Rp 400 Miliar
IST
Ilustrasi Reliance Finance 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Perusahaan multifinance PT Usaha Pembiayaan Reliance Indonesia (REFI) berhasil menerbitkan Obligasi pertamanya sebesar Rp 400 miliar di tengah masih berlangsungnya pandemi.

Sebelumnya, REFI telah menerbitkan Medium Term Notes banyak lima kali sejak 2013 tanpa gagal bayar.

Dalam emisi obligasi kali ini, REFI membagi emisinya dalam 3 seri masing-masing seri A dan B masing-masing dengan nilai pokok sebesar Rp 100 miliar dan seri C sebesar Rp 200 miliar.

Baca juga: Izin Usaha Dicabut OJK, PT Intan Baruprana Finance Kini Tak Bisa Beroperasi

Di tengah tren bunga deposito yang turun sejak pandemi, Obligasi REFI dinilai menjadi pilihan menarik untuk berinvestasi dengan menawarkan kupon sebesar 8 persen untuk seri A dengan tenor 370 hari, 9 persen untuk seri B dengan tenor 3 tahun dan 9,5 persen untuk seri C dengan tenor 5 tahun.

Obligasi REFI ini mendapatkan rating irBBB (Triple B) dari PT Kredit Rating Indonesia dengan pertimbangan, antara lain, ROA yang lebih tinggi dari rata-rata industri, dinilai cukup baik dengan size dan market cap REFI saat ini sebagai awal yang baik dengan potensi untuk menaikkan ratingnya ke depannya seiring pertumbuhan bisnis ke depannya.

Baca juga: Telkom Kembali Jadi Satu-satunya Perusahaan Indonesia yang Masuk Jajaran Brand Finance Global 500

Bertindak selaku Penjamin Pelaksana Emisi pada penawaran umum Obligasi ini adalah PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk, dan selaku Wali Amanat adalah PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJB).

Iman Pribadi, Direktur Utama Reliance Finance menjelaskan, penerbitan Obligasi I REFI Tahun 2022 ini jadi landasan awal REFI untuk terus bertumbuh berkesinambungan yang membidik nasabah menengah bawah khususnya di pembiayaan perumahan, produktif UMKM dan multiguna di Indonesia.

"Obligasi yang kami tawarkan merupakan pilihan menarik dan kredibel bagi investor yang ingin mendapatkan imbal hasil investasi yang menarik di tengah kondisi saat ini," ujarnya dalam keterangan pers tertulis, Rabu (10/2/2022).

Dia menyatakan, emisi obligasi kali ini memiliki underlying fundamental yang baik di sisi perusahaan yang terus bertumbuh dengan lebih baik baik secara good corporate governance, risk management dan service excellence.

Obligasi ini seluruhnya telah habis diserap oleh investor mengingat secara kinerja dan prospek usaha REFI kedepan sangat meyakinkan dengan ditopang produk-produk yang menjadi unggulan karena bisnis model REFI yang berbeda (blue ocean) dengan perusahaan multifinance lainnya yang didominasi dengan pembiayaan otomotif dan alat berat.

Pendapatan REFI tercatat naik 17,79 persen menjadi Rp39,9 miliar untuk periode yang berakhir pada 31 Juli 2021 dari sebelumnya sebesar Rp33,9 miliar pada periode yang sama tahun 2020.

Peningkatan ini terutama disebabkan oleh kenaikan pendapatan margin bagi hasil pembiayaan Syariah pada segmen pembiayaan multiguna yang meningkat dari Rp4,1 miliar pada posisi 31 Juli 2020 menjadi Rp13,9 miliar atau naik sebesar 235,41 persen.

"Segmen pembiayaan multiguna menyumbang hampir Rp2 miliar atau 14,11% untuk saldo pendapatan bagi hasil di pembiayaan syariah," ungkap Iman.

Iman menambahkan, perseroan akan menggunakan dana dari hasil penawaran umum obligasi setelah dikurangi biaya penerbitan sebagaimana diungkapkan dalam prospektus untuk melunasi utang pokok Medium Term Notes MTN IV B Tahun 2019 sebesar Rp 200.000.000.000.

Medium Term Notes MTN IV B Tahun 2019 ini diterbitkan perseroan pada 27 Februari 2019. Sisa dana lainnya akan digunakan untuk meningkatkan portofolio pembiayaan seperti pembiayaan KPR, menambah modal kerja/konstruksi, serta pembiayaan ke UMKM dan multiguna.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas