Tribun Bisnis

SSB Sukses Rancang Dump Body untuk Pacu Produktivitas Armada Tambang

PT Sanggar Sarana Baja (PT SSB) sukses merancang dump body yang diberi nama Optiload dengan kapasitas 40 m3, 70 m3, 95 m3, hingga 124 m3.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in SSB Sukses Rancang Dump Body untuk Pacu Produktivitas Armada Tambang
istimewa
Dump body Optiload hasil rancang bangun Sanggar Sarana Baja untuk mendukung pengangkutan material tambang. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perusahaan rancang bangun untuk operasional tambang PT Sanggar Sarana Baja (PT SSB) sukses merancang dump body untuk memaksimalkan operasional alat berat dalam pengangkutan material tambang seperti di kegiatan operasi tambang terbuka.

Dump body di kelas OHT Body ini diberi nama Optiload dan diperkenalkan kepada para pelaku industri tambang melalui online lewat acara bertajuk 'Virtual Product Showcase: Optiload" baru-baru ini di Jakarta.

Optiload diperkenalkan sebagai jawaban atas sejumlah masalah di lini operasional pelanggan seperti peningkatan produktivitas pertambangan, ketersediaan unit, serta efektivitas waktu pengiriman unit.

“Kehadiran Optiload ditujukan untuk para perusahaan tambang khususnya mining contractor yang memang kerap mengalami kesulitan dalam memaksimalkan potensi operasional di pertambangan. Kami berharap produk kami dapat menjadi solusi operasional pertambangan, dan menjadi komoditas baru di industri OHT Body dan OHT Truck," ungkap Direktur PT SSB Johan Budisusetija, Sabtu (19/3/2022).

Baca juga: Tinjau KEK Galang Batang, Bamsoet Dorong Hilirisasi Bahan Tambang

SSB merakit unit OHT Body Optiload terbaru ini dalam beberapa kapasitas muatan yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan kontraktor pertambangan, mulai dari kapasitas 40 m3, 70 m3, 95 m3, hingga 124 m3.

Dia mengklaim, secara umum Optiload produksi SSB mampu memberikan efisiensi dari berbagai aspek, baik dari sisi design, kapasitas, bobot body, biaya perawatan, hingga konsumsi bahan bakar.

Misalnya saja, penggunaan unit Optiload dengankapasitas 70 m3 pada unit CAT777D/E dapat meningkatkan volume kapasitas sebesar 16 persen penurunan bobot body hingga 20 persen serta peningkatan target payload material hingga 10 ton.

Meningkatnya kapasitas body, target payload, serta tidak adanya carryback atau material yang tertinggal tentu akan mempengaruhi proses operasional menjadi lebih efektif, sehingga Optiload mampu mengurangi konsumsi bahan bakar unit truk pada saat beroperasi.

Baca juga: Gelar Vaksinasi Booster VGR, Perusahaan Tambang Berkomitmen Sukseskan Program Pemerintah

Budi menambahkan, untuk menjaga kualitas produk pihaknya memastikan seluruh proses pembuatan Optiload telah melewati serangkaian uji validasi ketat, demi memastikan tidak adanya permasalahan pada saat digunakan.

"Dalam proses pengembangannya produk Optiload ini telah melewati uji validasi design untuk memastikan kekuatan strukturnya dan telah melewati uji operasional bersama sister company kami PT Cipta Kridatama (CK)," jelasnya.

SSB yang merupakan anak usaha ABM Investama Tbk ini telah memproduksi unit body lebih dari 500 unit. Sementara, pesanan untuk Optiload sendiri mulai berdatangan dari perusahaan mining contractor.

Kegiatan pengenalan dump body Optiload ini merupakan acara Virtual Showcase pembuka dari rangkaian virtual event lainnya yang mencakup capabilities SSB, baik itu product, project, maupun services.

Pelaku industri pertambangan yang bergabung di kegiatan ini antara lain, PT Tambang Raya Usaha Tama, PT Karunia Armada Indonesia, PT Madhani Talatah Nusantara, PT Saptaindra Sejati, serta sederet perusahaan lainnya yang bergerak di Industri pertambangan Indonesia.

Di kesempatan yang sama SSB juga memperkenalkan beberapa produk terbaru dump body ukuran 40-47 m3 untuk medium truck 8x4, ejector trailer ukuran 45 m3, bucket berkapasitas 18 m3 untuk kelas excavator 300 ton yang berfungsi untuk menggali material di area pertambangan berikut dukungan after sales.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas