Tribun Bisnis

Gekrafs Jakbar Bangun Jejaring dengan Komunitas Ekonomi Kreatif di Gelaran WestGo!

Gekrafs merupakan gerbong besar untuk para pelaku ekonomi kreatif di Indonesia berjuang bersama-sama.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Gekrafs Jakbar Bangun Jejaring dengan Komunitas Ekonomi Kreatif di Gelaran WestGo!
HandOut/IST
Ketua DPC Gekrafs Jakbar M Fandy Wirawan, Ketum DPP Gekrafs Kawendra Lukistian, Ketua OC Gekrafs Jakbar Dewi A Maladi dan Ketua DPW Gekrafs DKI Jakarta Farazandy Fidinansyah. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional Jakarta Barat (Gekrafs Jakbar) menyelenggarakan pertemuan komunitas ekonomi kreatif bertajuk WestGo! di WestWew Coffee Rooftop, Jakarta, Jumat (17/6/2022).

Acara ini bertujuan sebagai silaturahmi antaranggota dan membangun kolaborasi bersama komunitas ekonomi kreatif (ekraf) di Jakarta, khususnya di wilayah Jakarta Barat.

Ketua DPC Gekrafs Jakbar, M Fandy Wirawan mengatakan, pandemi Covid-19 di Tanah Air yang sudah melandai menjadi momentum tepat untuk menyatukan anggota dan para pelaku ekraf di Jakarta Barat.

Di acara tersebut Fandy juga menyampaikan tiga misi utama Gekrafs Jakbar yang akan di perjuangkan. Pertama yaitu peningkatan literasi agar para pelaku ekraf bisa naik kelas dan tidak di pandang sebelah mata, karena potensi ekraf itu sangat besar untuk kemajuan ekonomi Indonesia ke depan.

Baca juga: Gandeng Banyak Musisi, Gekrafs Bikin Gebrakan untuk Meriahkan Hari Musik Nasional

Kedua, dapat mewujudkan ruang-ruang kreatif baru, khususnya di wilayah Jakarta Barat agar dapat terciptanya peluang-peluang bisnis baru bagi para pejuang ekonomi kreatif kita. Ketiga, sebagai jembatan aspirasi bagi teman-teman pelaku ekraf untuk dapat sampai hingga ke level eksekutif dan legislatif.

Dia juga berharap acara WestGo! ini juga akan memberikan manfaat bagi sekitar dan menjadi awal kebangkitan perjuangan bersama seluruh pelaku ekraf di Jakbar.

Di gelaran WestGo! Gekrafs Jakbar juga berkolaborasi dengan StandupIndo Jakbar yang diwakili oleh skena standup comedy dan WestWew Squad yang mewakili skena musik hip-hop, rap dan R&B.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Gekrafs Kawendra Lukistian mengatakan, Gekrafs merupakan gerbong besar untuk para pelaku ekonomi kreatif di Indonesia berjuang bersama-sama.

"Hadirnya Gekrafs untuk menjaga marwah para pelaku ekonomi kreatif, tidak boleh lagi ada yang menganggap sebelah mata, kita sama-sama punya pride yang bisa memberikan sumbangsih pada ekonomi Indonesia," ujarnya.

Kawendra menjelaskan, selama ini ekonomi ekstraktif mulai dari sumber daya alam dan lainnya memang memberikan kontribusi yang luar biasa namun, tak akan bertahan lama.

"Ekonomi kreatif selalu melakukan gagasan dan pemikiran yang tidak akan ada habisnya. Ekonomi kreatif adalah masa depan Indonesia," ujarnya.

Kegiatan WestGo! sendiri memiliki makna seruan, dan ajakan untuk teman-teman dari beragam elemen komunitas Ekfraf di Jakbar untuk bergerak, berkolaborasi, berkarya, dan tumbuh bersama.

Ketua Dewan Perwakilan Wilayah Gekrafs DKI Jakarta, Farazandi Fidinansyah mengutarakan, 17 subsektor ekraf saat ini cakupannya sangat luas, dan komika pun memiliki tempat untuk ekraf di Indonesia.

“Kita telah melakukan pelantikan 6 DPC Gekrafs se-DKI Jakarta beberapa bulan lalu dan hari ini saya senang sekali teman-teman Gekrafs Jakbar benar-benar menunjukan semangat buat memajukan ekraf yang tercermin dari acara WestGo! ini," ujarnya.

Acara ini menyuguhkan penampilan dari komika Wahuy dan Mangay dari StandupIndo Jakbar. Selain standup comedy, solois Manutized, dari WestWew Squad juga berhasil menghipnotis undangan untuk bernyanyi bersama. 

Kegiatan ini mendapat dukungan dari komunitas pebisnis anggota Gekrafs Jakbar seperti Pinvest, Velicoz, Kantara Group, Sovlo, ROR Communication, DwiDaya Tour dan Fruity Wax Indonesia, Relx dan Guinness Smooth.

“Gekrafs Jakbar siap menjadi motor dalam mendukung ekraf di Jakbar. Kami hadir dari barat Jakarta untuk Indonesia,” ujar Fandy.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas