Tribun Bisnis

Super Canggih, Layanan Transportasi di Kota Padang Sekarang Pakai Internet of Things

Layanan transportasi di Kota Padang, Sumatera Barat, kini masuki babak baru dengan peluncuran unit armada Trans Padang yang makin canggih.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Super Canggih, Layanan Transportasi di Kota Padang Sekarang Pakai Internet of Things
istimewa
Peluncuran unit armada Trans Padang Koridor 5. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM - Layanan transportasi di Kota Padang, Sumatera Barat, kini masuki babak baru dengan peluncuran unit armada Trans Padang yang makin canggih.

Armada ini dilengkapi dengan perangkat canggih Internet of Things TKDN Advance Mobility atau TAM Fleet yang dapat meminimalisir risiko kecelakaan lalu lintas.

Baca juga: Selama Liburan Sekolah, Transjakarta Sediakan Bus Wara Wiri Royal Layani Pengunjung di Ancol

Peluncuran Koridor V Trans Padang rute Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol - Indarung diselenggarakan hari ini di GSG PT Semen Padang.

PT Teknologi Karya Digital Nusa (TKDN) bersama dengan Operator BUMD Padang Sejahtera Mandiri (PSM) melakukan kerja sama untuk penyediaan perangkat telematika berbasis IoT (TAM Fleet) di armada Trans Padang.

Beberapa alat IoT tersebut diantaranya MDVR, CCTV, Driver Safety Monitoring (DSM), Advanced Driver Assistance System (ADAS), Rearcam dan Blackbox.

Kedua pihak sepakat untuk melakukan kerjasama selama 1 tahun untuk perangkat IoT TAM Fleet, termasuk layanan platform fleet management system untuk pengawasan dan dashboard laporan perjalanan armada.

"PT TKDN bekerjasama dengan operator Trans Padang untuk alat-alat Internet of Things TKDN Advance Mobility (TAM) Fleet, yang berfungsi sebagai sensor dan pengawasan pengemudi yang terbukti meningkatkan keselamatan armada," tutur Presiden Direktur TKDN David Santoso, Jumat (8/7/2022) melalui keterangan resmi.

Walikota Padang Hendri Septa, menyampaikan koridor V ini telah disediakan 10 unit bus Trans Padang dan akan terus ditambah untuk memaksimalkan pelayanan transportasi publik.

Peluncuran unit armada Trans Padang Koridor 5.dd
Peluncuran unit armada Trans Padang Koridor 5.

"Trans Padang beroperasi setiap hari Senin-Minggu mulai pukul 06.00 WIB sampai pukul 19.00 WIB dengan tarif Rp 1.500 untuk anak-anak dan dan Rp 3.000 untuk umum atau orang dewasa," ungkap Hendri Septa.

Selain kerjasama dengan operator Trans Padang, baru-baru ini PT TKDN juga melakukan kerjasama dengan Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD).

"Sesuai komitmen kami, akan terus fokus dan mendorong dunia transportasi lebih baik kedepannya dengan membawakan teknologi terkini khususnya di transportasi darat," ucap David.

Peluncuran armada baru Trans Padang ini dihadiri oleh Presiden Direktur TKDN David Santoso, Walikota Padang Hendri Septa, Kadishub Kota Padang Yudi Indra Sani dan Plt. Direktur Utama Perumda Padang Sejahtera Mandiri (PSM) Rico Rahmadian Albert.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas