Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Moeldoko: Ada Gap Lebar di Produktivitas Perkebunan Sawit Rakyat dengan Swasta

Terjadi kesenjangan yang lebar dalam hal produktivitas perkebunan kelapa sawit rakyat dengan perkebunan yang dikelola perusahaan swasta.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Moeldoko: Ada Gap Lebar di Produktivitas Perkebunan Sawit Rakyat dengan Swasta
KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES
Petani mengumpulkan tandan buah segar (tbs) kelapa sawit di kebun inti kelapa sawit milik Asian Agri, di Kabupaten Siak, Riau, Rabu (17/4/2013). Saat ini terjadi kesenjangan yang lebar dalam hal produktivitas perkebunan kelapa sawit rakyat dengan perkebunan yang dikelola perusahaan swasta. KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyatakan telah terjadi kesenjangan yang lebar dalam hal produktivitas perkebunan kelapa sawit rakyat dengan perkebunan yang dikelola perusahaan swasta.

"Selama satu dekade terakhir gap produktivitas perkebunan besar swasta dan perkebunan rakyat mengalami pelebaran," kata Moeldoko saat Webinar Kondisi Perdagangan Kelapa Sawit Nusantara, Kamis (21/7/2022).




Ia menjelaskan, pada 2010 angka produktivitas perkebunan rakyat sebanyak 2,5 juta ton per hektar dan perkebunan besar swasta sebanyak 2,99 juta ton per hektar.

Namun, kata Moeldoko, pada 2021 relatif stagnan produktivitas perkebunan rakyat di posisi 2,75 ton per hektar.

Sedangkan perkebunan besar swasta meningkat hingga 3,84 juta ton per hektar.

Baca juga: Perkebunan Sawit Malaysia Butuh Tenaga Kerja Asing pada Mei hingga Juni 2022

"Stagnasi ini menjadi persoalan kritikal, mengingat perkebunan rakyat dalam produksi CPO nasional cukup tinggi," ucap Moeldoko.

BERITA TERKAIT

"Saya mengingatkan, jangan sampai ini semakin turun dan semakin turun, tidak ada alasan apapun, tapi kita harus tetap waspada," sambungnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas