Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Saat KTT G20, Angkasa Pura II Telah Layani 29 Penerbangan Kenegaraan

Bandara Banyuwangi juga menjadi base bagi pesawat modifikasi cuaca dan pesawat Hercules TNI AU guna mendukung kegiatan KTT G20.

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Saat KTT G20, Angkasa Pura II Telah Layani 29 Penerbangan Kenegaraan
HO
PT Angkasa Pura II, telah melayani sebanyak 29 penerbangan kenegaraan selama acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berlangsung di Nusa Dua, Bali. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Angkasa Pura II, telah melayani sebanyak 29 penerbangan kenegaraan selama acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berlangsung di Nusa Dua, Bali.

Director of Operation AP II, Muhamad Wasid mengatakan, jumlah penerbangan tersebut terhitung sejak 11 November hingga 15 November 2022 yang terdiri dari 23 penerbangan kedatangan dan 6 penerbangan keberangkatan.

Adapun tiga bandara yang melayani penerbangan kenegaraan terkait KTT G20 di antaranya, Bandara Soekarno-Hatta (Banten), Bandara Halim Perdanakusuma (DKI Jakarta) dan Bandara Banyuwangi (Jawa Timur).

Baca juga: Hasil Kesepakatan KTT G20 dalam Bali Leaders Declaration, Termasuk soal Perang Rusia-Ukraina

"Di Bandara Soekarno-Hatta pada 11-15 November 2022 terdapat 10 penerbangan kedatangan dan 2 penerbangan keberangkatan," ujar Muhamad Wasid dalam keterangannya, Kamis (17/11/2022).

Wasid menambahkan, di Bandara Halim Perdanakusuma sebanyak 7 penerbangan kedatangan dan 1 penerbangan keberangkatan, dan di Bandara Banyuwangi sebanyak 6 penerbangan kedatangan dan 3 penerbangan keberangkatan.

"Bandara Soekarno-Hatta melayani penerbangan kenegaraan Arab Saudi, Turki dan Kamboja. Sementara itu, Bandara Halim Perdanakusuma melayani penerbangan kenegaraan Korea Selatan dan Amerika Serikat. Dan, Bandara Banyuwangi melayani penerbangan kenegaraan Indonesia dan China," tuturnya.

BERITA REKOMENDASI

Untuk diketahui, Bandara Banyuwangi juga menjadi base bagi pesawat modifikasi cuaca dan pesawat Hercules TNI AU guna mendukung kegiatan KTT G20.

Kata Wasid, AP II telah mendirikan posko layanan terpadu di ketiga bandara tersebut untuk memastikan penerbangan kenegaraan terkait KTT G20 berjalan dengan lancar.

Disisi lain, President Director Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan operasional penerbangan kenegaraan telah memenuhi seluruh prosedur yang ditetapkan.

"Proses administratif dan teknis telah dipenuhi, termasuk perizinan yang diperlukan. Penerbangan kenegaraan dalam rangka KTT G20 berjalan lancar di bandara-bandara AP II," ujar Muhammad Awaluddin.

Muhammad Awaluddin menambahkan, AP II turut melayani penerbangan kenegaraan hingga 18 November 2022. Hal itu sebagai bentuk dukungan acara KTT G20.

"KTT G20 berlangsung 15-16 November 2022 di Bali, dan tiga bandara AP II siaga untuk melayani keberangkatan pesawat kenegaraan hingga 18 November 2022. Kami pastikan semuanya berjalan lancar," ucapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas