Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Resep Sederhana Jadi Entrepreneur dari Kompetisi IdenTIK 2023: Masalah di Sekitar Bisa Jadi Cuan

roadshow IdenTIK 2023 yang diinisiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dihelat di Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM), Bandun

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Resep Sederhana Jadi Entrepreneur dari Kompetisi IdenTIK 2023: Masalah di Sekitar Bisa Jadi Cuan
ist/HO
Acara talkshow sebagai bagian dari gelaran Roadshow Indonesia Entrepreneur TIK (IdenTIK) tahun 2023 di Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM), Bandung, Jawa Barat pada Selasa, 11 April 2023. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menjadi entrepreneur membutuhkan kepakaan terhadap masalah-masalah di sekitar yang dihadapi banyak orang.

Jika mampu menemukan solusi dan menyederhanakannya lewat teknologi yang tepat, maka masalah di sekitar justru mendatangkan peluang cuan.

Hal itu diungkapkan Rama Mamuaya, praktisi transformasi digital yang menjadi juri dari kompetisi bertajuk 'Indonesia Entrepreneur TIK' (IdenTIK) 2023 Kategori Digital Start-Up, dalam talkshow yang menjadi bagian dari roadshow kompetisi tersebut.

Pada Selasa,11 April 2023, roadshow IdenTIK 2023 yang diinisiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dihelat di Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM), Bandung, Jawa Barat.

“Tidak usah jauh-jauh, coba perhatikan di sekitarmu. Pasti ada banyak problem dan beberapa langkah yang bisa disederhanakan supaya menjadi lebih efektif. Pecahkan masalahnya dengan solusi teknologi yang benar. Kalau teman-teman mau ambil risiko, bisa memanfaatkan kesempatan, jangan disia-siakan,” jelas Rama.

Selain Rama, ada juga pembicara lainnya dalam takshow tersebut, antara lain Barry Simorangkir selaku juri IdenTIK 2023 Kategori Inovasi Teknologi Konten Digital, Singgih Ardiansyah dari INCRANE selaku pemenang IdenTIK 2022 kategori Private Sector, dan Anugrah Nurrewa dari Jaramba selaku pemenang IdenTIK 2022 kategori Start-Up Company.

Adapun Barry Simorangkir menjelaskan tentang syarat dan ketentuan karya dari setiap kategori IdenTIK serta bagaimana cara mencari ide dan mengolahnya agar bisa menjadi sebuah karya.

BERITA TERKAIT

Barry juga menegaskan, IdenTIK merupakan fasilitas pemerintah yang luar biasa, sehingga berpesan kepada seluruh peserta untuk memanfaatkan fasilitas ini dengan sebaik-baiknya karena pemasukan produk-produk yang dikerjakan bersama adalah pengalaman yang tidak bisa diukur.

Dalam sesi yang sama, Singgih Ardiansyah dari INCRANE memberikan semangat kepada para peserta agar mempersiapkan diri untuk andil dalam IdenTIK 2023.

"Life is preparation. Jika kalian tertarik dengan technopreneur, saat ini juga, persiapkan diri, cari mentor, teman, partner, cari ide sebanyak-banyaknya. Ide itu tidak harus terbatas dengan bidang kalian. Cari juga lingkungan yang tepat untuk bisa berkembang, jangan cuma sekadar motivasi aja," ucap Singgih.

Sementara Anugrah Nurrewa dari Jaramba mendorong para peserta kegiatan, khususnya kepada para mahasiswa untuk melakukan market validation, apakah produk yang mereka hasilkan dapat diterima oleh pasar.

“Masalah itu ada di mana-mana, setiap hari ada banyak masalah yang bisa dipecahkan dan bisa kita generate menjadi peluang bisnis. Mumpung masih kuliah, ini saat yang sangat tepat untuk melakukan market validation. Cari solusinya, dites, dan cobalah banyak hal,” ujar Anugrah.

Baca juga: Peringatan Bos Google Tentang Perkembangan Teknologi AI

Usung Tema Collaborate to Grow Stronger

Roadshow IdenTIK 2023 di kampus UNIKOM tersebut, dilaksanakan secara hybrid dan dihadiri sekitar 150 peserta baik secara luring maupun daring melalui aplikasi Zoom.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas