Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kolaborasi Industri Kopi dan Insan Kreatif Hasilkan Instalasi Seni Artistik

Ajang Indonesia Coffee Festival (ICF) 2023 menghadirkan instalasi seni bertajuk "Art Within Your Coffee" yang tersebar di dalam area ICF 2023.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Kolaborasi Industri Kopi dan Insan Kreatif Hasilkan Instalasi Seni Artistik
dok.
Instalasi seni bertajuk Art Within Your Coffee pada ajang Indonesia Coffee Festival (ICF) 2023. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia menguasai 7,1 persen dari total pangsa pasar industri kopi di dunia sebagai produsen kopi terbesar ke-14 di dunia.

Ajang Indonesia Coffee Festival (ICF) 2023 menghadirkan instalasi seni bertajuk "Art Within Your Coffee" yang tersebar di dalam area ICF 2023.




Dalam rangka mendukung insan kreatif untuk memasyarakatkan seni, Pixel Group bersama Artopologi.com berkolaborasi dengan seniman lokal, untuk memberikan pengalaman minum kopi sambil menikmati keindahan karya seni.

"Sebagai penyedia layanan pemasaran digital out-of-home yang komprehensif, kesempatan ini menjadi momen bagi kami untuk menjadi saluran dalam apresiasi karya insan kreatif tanah air," kata Director, Pixel Group, Jonathan Ang, melalui keterangan tertulis, Rabu (17/5/2023).

Sementara itu, Direktur Artistik Artopologi.com, Irvin Domi, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk membawa karya seni dari seniman Indonesia ke ranah baru.

Langkah ini dilakukan untuk mendorong apresiasi seni di kalangan pelaku dan pecinta kopi.

BERITA TERKAIT

"Jadi, kami ingin membawa pengalaman baru minum kopi sambil menikmati karya seni yang tidak hanya bisa dihadirkan di acara pameran seperti ini saja, tapi bisa juga dihadirkan di coffee shops," ujar Irvin.

Pada kerja sama ini, Pixel Group dipercaya untuk menyiapkan segala instalasi yang dibutuhkan bagi karya seni berbentuk video mapping karya Akmarru.

Baca juga: Dampak Minum Kopi secara Rutin untuk Kesehatan Jantung

Video mapping atau yang juga dikenal sebagai projection mapping merupakan teknik pemetaan video pada suatu bidang.

Instalasi seni satu ini memanfaatkan cahaya dari perangkat keras proyektor yang diproyeksikan pada berbagai bidang.

Oleh karena itu, karya seni yang ditampilkan menjadi lebih interaktif dan imersif dengan memanfaatkan motion grafis, dan visual efek lainnya.

Bertajuk "Coffee Mix", Akmarru menyajikan sejumlah karya visual mengenai kopi yang kemudian di-mix atau dicampur menjadi satu kesatuan. Alhasil, bukan hanya kopi yang bisa dinikmati, tapi juga visualnya yang menarik perhatian.

Selain video mapping, "Art Within Your Coffee" juga menghadirkan mural yang penuh dengan serba-serbi kopi.

Mural "Coffee Icon" yang digarap seniman Galang Monsart atau Galmons itu menampilkan 10 ikon terkait kopi mulai dari hand grinder, biji kopi, juga visual berbagai jenis kopi yang siap disajikan.

Ada juga karya seni tiga dimensi berupa patung dengan medium kain dan polyester. Mengangkat tajuk "Oath Keeper", patung karya Lenny Ratnasari Weichert itu berbicara seputar perjuangan petani kopi di Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas