Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Penuhi Kebutuhan Industri Perkapalan, Siswa SMK Diberikan Pelatihan Juru Las

Industri perkapalan di dalam negeri masih butuh banyak tenaga welder yang berkualitas tinggi.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Penuhi Kebutuhan Industri Perkapalan, Siswa SMK Diberikan Pelatihan Juru Las
HO
Pelatihan kompetensi welder di SMK Negeri 10 Semarang untuk meningkatkan keahlian konstruksi kapal siswa kelas XII. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Industri perkapalan pada saat ini membutuhkan banyak pekerja untuk mengisi posisi juru las atau welder yang berkualitas.

Dalam memenuhi kebutuhan tersebut, PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero)/BKI sebagai induk Holding Jasa Survei/IDSurvey mengadakan pelatihan kompetensi welder di SMK Negeri 10 Semarang untuk meningkatkan keahlian konstruksi kapal siswa kelas XII.




“Industri perkapalan di negeri ini masih butuh banyak tenaga welder yang berkualitas tinggi. Kami berharap program pelatihan kompetensi welder di SMK Negeri 10 Semarang ini kelak bisa melahirkan orang-orang seperti itu,” kata Kepala Unit TJSL BKI Rudy Sunaryadi, Kamis (25/5/2023).

Baca juga: Dua Kapal Kayu Karya Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya dan SMKN 3 Buduran Resmi Melaut

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Cabang Pratama Klas BKI Semarang Aprianto menyampaikan, sebagai pelaku industri, kolaborasi ini bisa bernilai bagi pelajar karena secara langsung dibimbing ahlinya.

"Sebelumnya, kegiatan pelatihan ini selalu diadakan di lingkungan industri, maka melalui kesempatan ini kami berharap semua adik-adik yang dibekali sertifikat kompetensi nantinya mampu untuk membawa siswa-siswi SMK Negeri 10 sukses di dunia kerja,” tuturnya.

Pelatihan kompetensi welder berlangsung pada 23-26 Mei 2023 dengan memfasilitasi 34 siswa-siswi kompetensi Keahlian Konstruksi Kapal kelas XII.

BERITA TERKAIT

Kegiatan ini terdiri dari pemaparan materi kepada peserta, praktikum pengelasan material uji, penilaian hasil pengelasan dan pemberian sertifikat.

Tujuan diadakannya sertifikasi ini untuk meningkatkan kompetensi mereka di dunia kerja sekaligus sebagai bukti bahwa hasil pekerjaan siswa-siswi tersebut telah memenuhi standar kualitas dan keamanan yang tinggi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas