Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Maskapai Emirates Jadi Penyumbang Trafik Terbesar di Bandara I Gusti Ngurah Rai

maskapai penerbangan Emirates yang berasal dari Uni Emirat Arab memiliki sejarah panjang dengan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Maskapai Emirates Jadi Penyumbang Trafik Terbesar di Bandara I Gusti Ngurah Rai
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Pesawat Airbus A380 Emirates yang mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Kamis 1 Juni 2023 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Angkasa Pura I menyampaikan, Emirates menjadi salah satu maskapai penyumbang trafik terbesar untuk penerbangan rute internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, maskapai penerbangan Emirates yang berasal dari Uni Emirat Arab memiliki sejarah panjang dengan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.




Kata dia, Emirates menyumbang pertumbuhan trafik penerbangan internasional terhitung sewindu sejak 2015 operasional penerbangan dengan rute Dubai-Denpasar-Dubai.

Baca juga: Captain Baldi, Pilot Asal Indonesia yang Terbangkan Airbus A330 ke Bali, Berikut Profilnya

"Emirates merupakan salah satu maskapai tulang punggung peningkatan trafik rute internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi dalam keterangannya, Sabtu (3/6/2023).

"Sejak beroperasi pertama kali di tahun 2015, jumlah pergerakan pesawat dan penumpang dari dan ke Bali terus mengalami pertumbuhan secara konsisten," lanjutnya.

Faik menyampaikan, selama 2015 tersebut, Bandara I Gusti Ngurah Rai tercatat melayani sebanyak 137 ribu pergerakan penumpang yang diangkut oleh Emirates.

BERITA TERKAIT

Jumlah trafik dari maskapai Emirates yang dilayani Bandara I Gusti Ngurah Rai sejak tahun 2016 terus mengalami pertumbuhan secara signifikan hingga tahun 2019, dengan rata-rata pertumbuhan tahunan untuk pergerakan penumpang sebesar 23 persen.

Adapun pada 2018, menjadi tahun dengan trafik tertinggi maskapai Emirates di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, yakni dengan 510 ribu pergerakan penumpang sepanjang tahun.

Selain melayani rute Dubai-Bali-Dubai, Emirates juga membuka rute Dubai-Bali-Auckland-Bali-Dubai pada Juni 2018.

"Sebagai maskapai yang berbasis di Bandara Internasional Dubai yang merupakan bandara megahub internasional, Emirates mengangkut penumpang dengan ragam demografi dari berbagai negara di dunia. Dalam hal ini, Emirates memiliki peranan penting dalam menghubungkan wisatawan global menuju Bali," lanjut Faik Fahmi.

Faik menyampaikan, maskapai Emirates turut mengambil momen penting bersama Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali di bulan Juni.

Airbus A380-800, pesawat komersial terbesar di dunia yang dioperasikan Emirates akhirnya resmi mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada 1 Juni kemarin.

Pesawat ini menggantikan salah satu dari dua pesawat Boeing 777-300ER yang secara reguler melayani rute Dubai-Bali-Dubai setiap harinya.

Menurut Faik, pengoperasian Airbus A380 ke Bali merupakan indikasi positif dari semakin membaiknya animo dan minat warga dunia untuk berwisata ke Bali.

"Dengan kapasitas pesawat hingga 615 penumpang, tentunya hal ini secara langsung akan berdampak positif terhadap jumlah kunjungan wisatawan dunia ke Bali, yang juga akan berdampak positif terhadap recovery pariwisata dan perekonomian di Bali khususnya, dan secara nasional pada umumnya," papar dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas