Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Asing Ramai-ramai Borong Saham Sektor Keuangan, Ini Rekomendasi Analis

Pekan lalu Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di posisi menguat sebesar 0,3 persen.

Penulis: Yanuar R Yovanda
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Asing Ramai-ramai Borong Saham Sektor Keuangan, Ini Rekomendasi Analis
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pekerja beraktivitas di Galeri PT Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Senin (8/5/2023). Saham-saham sektoran yang melemah pada libur Idul Adha pekan lalu adalah sektor energi minus 3 persen, teknologi minus 0,8 persen, serta transportasi dan logistik sebesar 0,7 persen. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pasar saham Indonesia selama pekan lalu hanya efektif beroperasi selama dua hari karena ada cuti bersama Hari Raya Idul Adha, ditandai dengan penguatan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sebesar 0,3 persen.

Equity Analyst PT Indo Premier Sekuritas (IPOT) Mino mengatakan, penguatan terbesar di sektor keuangan sebesar 1,8 persen, infrastruktur 0,3 persen, dan konsumen primer 0,2 persen.




Sementara, saham-saham sektoran yang melemah pada pekan lalu adalah sektor energi minus 3 persen, teknologi minus 0,8 persen, serta transportasi dan logistik sebesar 0,7 persen.

Dia menjelaskan, ada sentimen positif yang membuat IHSG berhasil bertengger di zona hijau, yaitu adanya aksi beli investor asing.

"Meskipun perdagangan hanya berjalan selama dua hari. Namun, asing mencatatkan pembelian bersih Rp0,27 triliun di pasar regular," ujar Mino dalam risetnya di Jakarta, Senin, (3/7/2023).

Mino mengungkapkan, asing banyak melakukan pembelian bersih di beberapa saham antara lain PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) Rp254 miliar, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) Rp129 miliar, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) Rp125 miliar, PT Mandala Multifinance Tbk (MFIN) Rp104 miliar, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) Rp49 miliar, dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) Rp43 miliar.

BERITA TERKAIT

"Dengan pembelian bersih tersebut, maka sejak awal tahun asing net buy Rp22,22 triliun," katanya.

Sementara itu, sentimen negatif yang membuat market tidak bisa melaju lebih kencang yakni pendeknya hari perdagangan.

Dirinya berpendapat untuk mengambil keputusan trading atau investasi orang cenderung wait and see, sehingga mereka mager alias malas gerak dan sudah kepikiran untuk liburan.

Baca juga: IHSG Berpotensi Menguat Jelang Rilis Inflasi, Simak Menu Saham Hari Ini

Selanjutnya, berbicara tentang potensi market pada minggu ini, trader saham diimbau untuk memerhatikan sentimen domestik dan eksternal.

Dari domestik, Mino menyebutkan data manufaktur, data inflasi, dan data cadangan devisa menjadi fokus perhatian investor.

"Data manufaktur Juni sudah keluar di level 52,5 yang berarti positif. Manufaktur kita kembali ekspansif untuk ke-22 kalinya secara berturut-turut," tutur dia.

Baca juga: Akhir Bulan, Rupiah Naik ke Rp 14.993/Dolar AS, IHSG Turun Tipis ke 0,04 Persen 6.661

Sentimen berikutnya, yakni data inflasi inflasi Juni 2023 yang diprediksi akan kembali turun menjadi 3,62 persen secara tahunan dari sebelumnya 4 persen.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas