Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Credit Suisse PHK Lagi, Perbankan Diprediksi Masih akan Pangkas Karyawan dalam Lima Tahun ke Depan

Suku bunga tinggi masih berpotensi menjadi opsi yang akan diambil dan sekaligus berdampak secara global.

Penulis: Yanuar R Yovanda
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Credit Suisse PHK Lagi, Perbankan Diprediksi Masih akan Pangkas Karyawan dalam Lima Tahun ke Depan
Dok. Jobplanet
Ilustrasi PHK. Pemangkasan karyawan di unit sekuritas Credit Suisse bertujuan untuk menekan biaya operasional di perusahaan patungannya. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perusahaan perbankan investasi Credit Suisse kembali mengumumkan pemutusan hubungan kerja atau PHK terhadap lebih dari 40 karyawan di unit sekuritas China.

Awal tahun ini, lembaga pemberi pinjaman itu juga telah melakukan pemangkasan terhadap 10 persen karyawannya di Eropa sebagai bagian dari restrukturisasi perusahaan imbas krisis likuiditas yang terjadi.




Pengamat dan praktisi sustainable finance Rizky Wisnoentoro mengatakan, tren PHK di perbankan global kemungkinan belum akan berakhir tahun ini.

Baca juga: Credit Suisse Kembali Lakukan PHK, Puluhan Karyawan di Unit Sekuritas China Terdampak

"Menarik untuk dikaji, potensi layoff kalangan perbankan global masih mungkin terjadi, setidaknya dalam lima tahun ke depan. Tekanan dari automation, digitalisasi, dan efisiensi akan cukup mengemuka," ujarnya melalui pesan singkat kepada Tribunnews.com, Minggu (23/7/2023).

Adapun dirinya belum dapat menelaah alasan perusahaan asal Swiss tersebut memutuskan untuk mengurangi karyawan di unit sekuritas.

"Terkait hal ini, tidak dapat digeneralisir, jadi ada baiknya kita menunggu klarifikasi resmi dari Credit Suisse. Khususnya untuk rumor mengenai layoff pada sayap bisnis mereka di China," katanya.

BERITA TERKAIT

Kendati demikian, menurut Rizky, suku bunga tinggi masih berpotensi menjadi opsi yang akan diambil dan sekaligus berdampak secara global.

Tekanan untuk mengurangi inflasi masih tetap akan menjadi faktor yang menuntut perhatian besar, khususnya di industri keuangan global.

"Namun saya pribadi berharap, semoga penerapannya di paruh kedua tahun ini ataupun di tahun depan akan lebih 'ramah pasar', sehingga dampaknya dapat lebih sustainable," tutur dia.

Sementara untuk perbankan di Indonesia, dirinya masih positif berharap situasi akan stabil dan tetap kondusif, di mana yang akan semakin menuntut perhatian ialah fokus terhadap fee-based income dan dana murah.

"Untuk obyek-obyek bisnis yang lebih berdampak secara ekosistem. Baik itu kepada ekosistem sosial-ekonomi, maupun ekosistem lingkungan hidup secara ekologis," pungkas Rizky.

Diberitakan sebelumnya, menurut sebuah sumber, pemangkasan karyawan di unit sekuritas Credit Suisse bertujuan untuk menekan biaya operasional di perusahaan patungannya.

“Langkah ini bertujuan untuk lebih memperketat pengeluaran di perusahaan patungan karena Credit Suisse berusaha membendung kerugian,” kata sumber tersebut.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas