Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Mendag Zulkifli Hasan Resmikan Gudang Ekspor Shopee di Cengkareng

Terdapat 20 juta produk UMKM lokal yang telah bergabung di program ekspor Shopee.

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Mendag Zulkifli Hasan Resmikan Gudang Ekspor Shopee di Cengkareng
Tribunnews/Endrapta
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat mengunjungi Gudang Ekspor Shopee di Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (30/8/2023). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meresmikan Gudang Ekspor Shopee di Cengkareng, Jakarta Barat, hari ini Rabu (30/8/2023).

Dalam peresmiannya, Mendag menyampaikan terima kasih kepada Shopee sebagai e-commerce yang berperan menghubungkan penjual langsung dengan pembeli.

"Saya berterima kasih kepada Shopee. Ini kan menyambung dengan e-commerce ya. Dengan e-commerce sekarang kan orang pesan lihat produknya, bagus, ada yang pesan, belum semenit bisa langsung kirim," kata Zulhas, sapaan akrabnya, ketika ditemui di lokasi peresmian, 

Ia mengatakan, kemudahan yang terdapat di e-commerce memungkinkan para pedagang untuk menjual produknya ke luar negeri.

"Jadi memang Shopee membantu UMKM kita agar punya akses pasar tidak hanya di Jawa Barat tadi. Tidak hanya di Solo. Tidak hanya di Jakarta. Ini sampai ke Malaysia, Thailand, dan Timur Tengah," ujarnya.

Director and Country Head Sea Group Indonesia, Kiky Hapsari mengatakan, Shopee Indonesia merasa bangga dapat berpartisipasi aktif sebagai enabler dari perkembangan bisnis UMKM lokal menjangkau pasar global.

BERITA TERKAIT

Ia menyebut gudang ini merupakan infrastruktur penunjang dari program Ekspor yang sudah dijalankan oleh Shopee saat ini.

"Tadi kita bisa lihat bagaimana mudahnya proses ekspor melalui Shopee," kata Kiky.

Baca juga: Potongan Videonya Viral, Fuji Utami Infokan Pindah Lapak ke Shopee Live karena Banyak Diskon!

Dia menyebutkan saat ini terdapat 20 juta produk UMKM lokal yang telah bergabung di program ekspor ini melalui mekanisme lintas batas dan menembus ke kawasan Asia Tenggara, Asia Timur dan Amerika Latin.

"Program Ekspor Shopee memberikan kemudahan bagi UMKM lokal untuk melakukan ekspor," ujar Kiky.

Cara agar pelaku usaha bisa ikut serta dalam program ini bisa dengan langsung mengirimkan ke Gudang Ekspor Shopee.

Baca juga: Perdana di Shopee Live! Ariel Noah Bakal Live Streaming Bareng Brand Lokal Geoff Max

Jadi, setelah mendapatkan pesanan dari pembeli di negara lain, pelaku UMKM mengirimkan produk mereka ke gudang tersebut.

Di situ, barangnya akan diproses karena operasional manajemen produk pengiriman ke negara tujuan ekspor dilakukan Shopee di gudang tersebut.

Gudang Ekspor Shopee terdiri dari Area Penerimaan Barang untuk Diekspor (Export Inbound Line, Inbound Area, X-Ray Area dan Label Area), Area Pengumpulan (Sorting Area, Bagging Area dan Staging Area Export), Area Pengiriman Barang untuk Diekspor (Export Outbound Line).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas