Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

G7 Batasi Impor Berlian Rusia untuk Cegah Pembiayaan Perang Ukraina

Negara-negara yang tergabung dalam G7  sedang mempersiapkan sanksi baru untuk Rusia berupa pembatasan impor berlian.

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Choirul Arifin
zoom-in G7 Batasi Impor Berlian Rusia untuk Cegah Pembiayaan Perang Ukraina
CBS News
Negara-negara G7 berencana melarang impor berlian Rusia untuk mencegah penggunaan dananya untuk membiayai perang di Ukraina. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, BRUSSELS – Negara-negara yang tergabung dalam G7  yang terdiri dari Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, dan Kanada) sedang mempersiapkan sanksi baru untuk Rusia.

Menurut pejabat dari salah satu negara anggota G7, sanksi tersebut akan berupa larangan impor berlian Rusia sebagai upaya menekan pendapatan Moskow yang digunakan untuk membiayai perang di Ukraina.




“Rusia adalah pemasok terbesar secara global. Dengan sistem ini, kami menghentikan pasokan mereka, meninggalkan mereka di pasar yang inferior dengan harga yang lebih rendah. Kami memangkas aliran keuangan dari sektor ini,” kata pejabat itu.

Upaya untuk mengurangi pendapatan Rusia dan menerapkan sanksi Washington terhadap produsen berlian terbesar di dunia yakni Alrosa Rusia telah dibahas di antara para pemimpin G7 sejak tahun lalu.

"Saya pikir para pejabat G7 yang terlibat dalam hal ini menanggapinya dengan cukup serius dan saya yakin mereka akan menegakkannya dengan tegas. Namun metode penegakannya akan menjadi bagian yang menantang,” ujar pejabat itu.

Meski begitu, larangan impor berlian Rusia diyakini akan memecah pasar berlian konsumen global, di mana G7 yang menguasai 70 persen pasar konsumen, tidak akan lagi menerima berlian dari Rusia, produsen berlian kasar terbesar di dunia.

Baca juga: Sanksi Baru terhadap Rusia, Inggris hingga Uni Eropa akan Larang Impor Berlian

BERITA TERKAIT

“Kita sedang membicarakan tentang restrukturisasi pasar global,” kata pejabat tersebut, sambil mengakui bahwa sistem tersebut tidak akan berfungsi dengan sempurna saat ini dan G7 masih mengevaluasi rincian rencana yang diusulkan Belgia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas