Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

No Drama! Bebas Khawatir Uang Kembalian dan Uang Palsu, QRIS Bikin Transaksi Lebih Aman dan Nyaman

Sistem transaksi secara cashless menggunakan QRIS memberikan banyak keuntungan bagi para pelaku usaha/merchant dan juga konsumen.

Penulis: Vincentius Haru Pamungkas
zoom-in No Drama! Bebas Khawatir Uang Kembalian dan Uang Palsu, QRIS Bikin Transaksi Lebih Aman dan Nyaman
Dok. BRI
No drama! Bebas khawatir uang kembalian dan uang palsu, QRIS bikin transaksi lebih aman dan nyaman 

TRIBUNNEWS.COM - Perkembangan teknologi telah mengubah banyak aspek kehidupan kita, termasuk cara kita bertransaksi dan menggunakan uang. Keuangan digital telah menjadi pendorong utama perubahan dalam dunia keuangan. 

Indonesia tidak ketinggalan dalam perubahan ini. Pada tanggal 17 Agustus 2019, Bank Indonesia meluncurkan standar pembayaran baru yang akan mengubah cara kita bertransaksi, yaitu "Quick Response Code Indonesian Standard" atau QRIS.

QRIS adalah sistem standar pembayaran yang memungkinkan berbagai jenis transaksi keuangan, termasuk pembelian barang, pembayaran tagihan, dan transfer dana, menjadi lebih mudah, cepat, dan aman. Ini juga memungkinkan merchant dan penyedia layanan untuk menerima pembayaran dari berbagai sumber, termasuk berbagai dompet digital dan aplikasi pembayaran.

Dengan memanfaatkan QR code dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP), QRIS telah membawa kemudahan dan kecepatan dalam dunia pembayaran, Namun, apa manfaatnya bagi konsumen dan merchant.? Mari kita simak lebih lanjut.

Manfaat QRIS Bagi Konsumen

Tidak hanya memudahkan para pemilik usaha, sistem pembayaran cashless menggunakan QRIS juga memberikan keuntungan bagi konsumen. Berikut ini beberapa manfaat QRIS yang bisa langsung dirasakan para konsumen.

1. Transaksi jadi Lebih Cepat

BERITA REKOMENDASI

QRIS memungkinkan konsumen untuk berbelanja dengan cepat dan efisien. Cukup dengan memindai kode QR yang disediakan oleh merchant menggunakan kamera ponsel pintar, transaksi dapat segera diproses.  BRImo akan langsung bekerja dan melakukan konfirmasi. Jika data sudah benar kamu hanya perlu memasukkan PIN untuk menyelesaikan transaksi. Tidak ada lagi antrian panjang atau menunggu lama.

2. Keamanan Transaksi Terjamin

Keamanan transaksi adalah syarat mutlak bagi sebuah alat pembayaran. QRIS sendiri telah dijamin keamanannya oleh Bank Indonesia, sehingga konsumen tidak perlu khawatir bertransaksi menggunakan QRIS. Adanya pengawasan regulator pada setiap transaksi digital QRIS, dan setiap merchant harus mendaftar untuk menggunakan QR code membuat konsumen semakin percaya diri menggunakan QRIS sebagai alat pembayaran.

3. Bebas Ribet dengan Uang Tunai dan Kembalian

QRIS memungkinkan konsumen untuk berbelanja tanpa perlu membawa uang tunai. Setelah memindai kode QR, konsumen hanya perlu memasukkan jumlah yang akan dibayarkan. Ini akan menghindarkan konsumen dari masalah uang kembalian yang sering membingungkan.

Manfaat menggunakan QRIS untuk merchant

Selain bagi konsumen, QRIS juga menghadirkan beragam manfaat yang dapat dirasakan oleh merchant. Tapi perlu diingat, supaya merchant bisa menyediakan sistem pembayaran QRIS maka terlebih dahulu harus mendaftarkan diri ke BRI untuk bisa bekerjasama.

Apabila telah disetujui maka beberapa manfaat berikut ini bisa langsung didapatkan.

1. Transaksi cepat dan mudah

Bagi merchant, QRIS juga dapat membuat proses pembayaran menjadi cepat dan efisien. Dana dari transaksi akan langsung masuk ke rekening merchant. Hal ini dapat membantu mengurangi kebutuhan untuk menyiapkan uang kembalian.

2. Mengurangi risiko kerugian karena uang palsu

Penggunaan QRIS mengurangi risiko menerima uang palsu karena semua transaksi dilakukan secara digital tanpa melibatkan uang fisik, sehingga merchant tidak perlu khawatir tentang uang palsu yang dapat merugikan bisnis mereka.

Jika merchant kamu sudah menerapkan sistem QRIS ini maka keuangan bisnis setidaknya akan jadi lebih aman. Manfaat QRIS ini juga bisa menjaga keamanan transaksi ketika kamu memiliki lebih banyak bisnis.

3. Mendukung Banyak Alternatif Pembayaran

QRIS mendukung berbagai metode pembayaran, termasuk dompet digital dan rekening bank langsung, sehingga merchant tidak perlu khawatir tentang kehilangan pelanggan karena tidak mendukung metode pembayaran.

Tidak perlu khawatir lagi bahwa konsumen tidak jadi belanja karena sistem pembayaran yang mereka miliki tidak kamu sediakan. QR code pada QRIS bisa menghubungkan dengan berbagai jenis pembayaran.

4. Merchant bisa memantau transaksi

QRIS memungkinkan merchant untuk memantau transaksi mereka secara real-time. Semua data transaksi tersedia dan dapat membantu menganalisis strategi bisnis. 

Hal ini membuat QRIS hanya sebagai alat transaksi, tetapi juga dapat digunakan sebagai alat untuk pengembangan bisnis di masa depan. 

Dengan berbagai manfaat bagi konsumen dan pedagang, QRIS membuktikan mampu menjadi inovasi yang memajukan dunia pembayaran di Indonesia. Transaksi yang cepat, aman, dan efisien adalah tujuan utama QRIS. Jika kamu nasabah BRI dan ingin belanja dengan mudah, jangan lupa untuk memanfaatkan fitur QRIS di BRImo.

Fitur QRIS di BRImo ini sangat aman karena setiap sebelum transaksi kamu perlu memasukkan PIN sebagai kode pengaman. Menariknya lagi saat ini, BRI sedang ada program BRImo FSTVL dengan hadiah menarik, cukup download dan tingkatkan transaksi pake BRImo!

Program BRImo FSTVL memberikan apresiasi kepada nasabah BRI dalam bentuk  penukaran BRIpoin menjadi voucher belanja atau kupon undian berhadiah mendapatkan mobil listrik. BRIpoin didapatkan setelah kamu melakukan transaksi melalui BRImo, Kartu Debit BRI, dan Kartu Kredit BRI selama periode program berlangsung.

Program BRImo FSTVL

Periode program ini sendiri berlangsung dari 1 Agustus sampai dengan 31 Desember 2023. Jenis dan total hadiah dari BRImo FSTVL mulai dari Mini Electric sebanyak 5 unit dan MG4 EV - Ignite 10 unit.

Masih banyak waktu tersedia untuk kamu melakukan transaksi menggunakan fitur QRIS di BRImo. Pastikan bahwa kamu selalu membayar belanjaan dengan QRIS di BRImo dan dapatkan kesempatan memenangkan hadiah BRImo FSTVL. Download BRImo, Perbanyak Transaksi, Tingkatkan Saldo dan Kumpulkan BRIpoin. Dapatkan Beragam Kebahagiaan di BRImo FSTVL #BRImo #BRImoFSTVL #SemuaPakeBRImo. Info lebih lanjut, kunjungi http://bbri.id/BRImoFSTVL sekarang!

Admin: Sponsored Content
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas