Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Bank Indonesia Ramal Pertumbuhan Ekonomi Global 2023 Hanya 2,9 Persen, Tahun Depan Bakal Melambat

Ekonomi global pada tahun depan akan mengalami perlambatan disertai divergensi pertumbuhan antarnegara yang semakin melebar.

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Bank Indonesia Ramal Pertumbuhan Ekonomi Global 2023 Hanya 2,9 Persen, Tahun Depan Bakal Melambat
dok. BI
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. Ekonomi global pada tahun depan akan mengalami perlambatan disertai divergensi pertumbuhan antarnegara yang semakin melebar. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo meramalkan pertumbuhan ekonomi global di tahun 2023 sebesar 2,9 persen.

Menurut Perry, perekonomian global melambat disertai dengan ketidakpastian yang semakin meningkat tinggi.

Bahkan, dia juga meramal ekonomi global di tahun depan akan mengalami perlambatan disertai divergensi pertumbuhan antarnegara yang semakin melebar.

Baca juga: Menkeu AS Janet Yellen Bicara soal Dampak Ekonomi Global dari Perang Hamas vs Israel

"Pertumbuhan ekonomi pada 2023 diprakirakan sebesar 2,9 persen dan melambat menjadi 2,8 persen pada 2024 dengan kecenderungan risiko yang lebih rendah," kata Perry dalam Konferensi Pers di Kantor BI, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2023).

Dikatakan Perry, ekonomi Amerika Serikat (AS) pada 2023 masih tumbuh kuat terutama ditopang oleh konsumsi rumah tangga dan sektor jasa yang berorientasi domestik.

Sedangkan ekonomi di Tiongkok melambat dipengaruhi oleh pelemahan konsumsi dan penurunan kinerja sektor properti.

BERITA REKOMENDASI

"Meningkatnya ketegangan geopolitik mendorong harga energi dan pangan meningkat sehingga mengakibatkan tetap tingginya inflasi global," jelasnya.

Perry menyatakan, untuk mengendalikan inflasi suku bunga kebijakan moneter di negara maju, termasuk Federal Funds Rate (FFR), diprakirakan akan tetap bertahan tinggi dalam jangka waktu yang lebih lama (higher for longer).

Selain itu, kenaikan suku bunga global diperkirakan akan diikuti pada tenor jangka panjang dengan kenaikan yield obligasi Pemerintah negara maju, khususnya AS (US Treasury), akibat peningkatan kebutuhan pembiayaan utang Pemerintah, dan kenaikan premi risiko jangka panjang (term-premia).

"Berbagai perkembangan tersebut mendorong pembalikan arus modal dari negara Emerging Market Economies (EMEs) ke negara maju dan ke aset yang lebih likuid, yang mengakibatkan dolar AS menguat secara tajam terhadap berbagai mata uang dunia," jelasnya.

Adapun ketidakpastian ekonomi dan keuangan global semakin tinggi lantaran terjadi bersamaan dengan meningkatnya ketegangan geopolitik.

"Karenanya memerlukan penguatan respons kebijakan untuk memitigasi dampak negatif rambatan global terhadap ketahanan ekonomi domestik di negara-negara EMEs, termasuk Indonesia," tutur Perry.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas