Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kembangkan Usaha, Pelaku UMKM Masih Terhambat Akses Keuangan

KoinWorks melakukan perluasan akses keuangan bagi UMKM dan bisnis dalam rantai produksi hingga konsumen akhir.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
zoom-in Kembangkan Usaha, Pelaku UMKM Masih Terhambat Akses Keuangan
Wealth of Geeks
Ilustrasi. Studi terbaru World Bank, Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mengaku terhambat akses keuangan dalam mengembangkan bisnisnya. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mengaku terhambat akses keuangan dalam mengembangkan bisnisnya.

Hal itu diketahui dari Studi terbaru World Bank, di mana akses keuangan menjadi hambatan kedua yang paling sering disebut oleh usaha kecil untuk mengembangkan bisnisnya di negara-negara berkembang.

UMKM di kawasan ini memiliki kebutuhan pembiayaan yang tidak terpenuhi sebesar 5,2 triliun miliar dolar AS setiap tahun, yang setara dengan 1,4 kali lipat dari tingkat pembiayaan UMKM global saat ini.

Baca juga: Sebanyak 77,6 Persen UMKM Masih Underserved, KoinWorks Bentuk Departemen Impact & ESG  

Melihat kondisi tersebut, KoinWorks melakukan perluasan akses keuangan bagi UMKM dan bisnis dalam rantai produksi hingga konsumen akhir.

"Komitmen kami adalah mengatasi kesenjangan keuangan yang ada dalam ekosistem dengan menyediakan layanan keuangan bagi UMKM dalam rantai nilai mereka, hingga menghasilkan peningkatan produktivitas dan lapangan kerja, untuk berkontribusi pada pengembangan UMKM di Indonesia secara jangka panjang," kata Chief of Impact and ESG KoinWorks, Angelique Timmer dikutip Selasa (28/11/2023).

Atas solusinya dalam pembiayaan UMKM pada tingkat ekosistem di Indonesia, KoinWorks meraih penghargaan kategori ESG Thematic pada acara tahunan SFF Global Fintech Awards yang diselenggarakan oleh Singapore FinTech Festival 2023.

Baca juga: KoinWorks Tunjuk Pakar Perbankan Global sebagai Chief Financial Officer

Co-Founder dan CEO KoinWorks, Benedicto Haryono mengatakan, perusahaan memahami tantangan-tantangan pelaku usaha di tanah air.

BERITA TERKAIT

"Oleh karena itu, kami membuka jalan bagi para pengusaha untuk mengakses sumber daya keuangan lebih besar melalui proses yang lebih sederhana, tanpa jaminan, dengan pencairan dana yang cepat, dan fleksibilitas sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka," paparnya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas