Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

3 Kiat Bikin Perencanaan Keuangan Sehat di 2024 Ala SeaBank: Jangan Panik, Selalu Sisihkan Simpanan

Target merupakan hal yang krusial dalam perencanaan keuangan, karena rencana hanyalah sia-sia apabila tidak disertai target yang jelas.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in 3 Kiat Bikin Perencanaan Keuangan Sehat di 2024 Ala SeaBank: Jangan Panik, Selalu Sisihkan Simpanan
Freepik/jcomp/kompas.com
Ilustrasi. Target merupakan hal yang krusial dalam perencanaan keuangan, karena rencana hanyalah sia-sia apabila tidak disertai target yang jelas. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Memasuki tahun bru 2024, seseorang biasanya sudah membuat perencanaan atau semacam resolusi tentang sesuatu yang ingin bisa diwujudkan tahun ini.

Terlepas dari resolusi apa yang disiapkan, mengelola kondisi keuangan yang lebih sehat tetap prioritas utama agar kita tetap nyaman menghadapi berbagai hal yang tidak terduga terkait dengan pengeluaran dan kebutuhan di masa datang.

Tidak hanya bagi perusahaan besar atau organisasi, membuat perencanaan keuangan keuangan yang baik yang dilakukan individu membantu kita mengelola pendapatan, menghindari utang berlebihan, dan mencapai tujuan finansial jangka panjang.

Baca juga: Perencana Keuangan Ungkap Penyebab Pengeluaran Bengkak saat Ramadan

Berikut beberapa tips membuat perencanaan keuangan yang matang untuk masa depan dikutip dari keterangan pers tertulis SeaBank, Selasa, 9 Januari 2024:

Tinjau target keuangan

Target merupakan hal yang krusial dalam perencanaan keuangan, karena rencana hanyalah sia-sia apabila tidak disertai target yang jelas. Mulailah merumuskan target keuangan dengan memperhatikan beberapa hal.

Yang pertama, setiap target keuangan haruslah spesifik dan jelas. Misalnya Anda menetapkan target untuk membeli rumah pertama dalam lima tahun ke depan, atau merencanakan modal untuk pernikahan dalam tiga tahun ke depan.

BERITA TERKAIT

Uraikan target-target tersebut dengan rinci. Semakin merinci target yang kamu buat, maka langkah-langkahnya akan lebih terarah dalam mencapainya.

Kedua, tentukan kapan target tersebut harus terealisasi. Tentukan dengan jelas kapan kamu ingin mencapai setiap target keuangan.

Apakah dalam waktu satu tahun, lima tahun, atau mungkin sepuluh tahun ke depan. Menetapkan batas waktu membantu menciptakan rasa urgensi dan memberikan landasan waktu yang realistis.

Ketiga, perkirakan biaya yang dibutuhkan. Tinjau dan tentukan dengan saksama berapa biaya yang dibutuhkan untuk mencapai setiap target.

Apakah itu melibatkan tabungan untuk membayar uang muka rumah, mempersiapkan biaya pernikahan, atau berinvestasi untuk tujuan jangka panjang. Pengenalan biaya ini akan membantumu merancang rencana keuangan yang lebih presisi.

Setelah menetapkan target keuangan yang jelas, langkah berikutnya adalah merencanakan pengaturan pendapatan dan pengeluaran untuk memenuhi target tersebut.

Aturan 50/30/20

Salah satu metode yang disarankan SeaBank untuk merencanakan keuangan yaitu aturan 50/30/20, yang mana 50 persen dari pendapatan digunakan untuk membiayai segala macam kebutuhan, 30 persen untuk membiayai keinginan, serta 20 persen untuk tabungan atau investasi.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas