Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Ada Kabar IKN Nusantara di Kalimantan Timur Batal, Kominfo Berikan Faktanya

Muncul sebuah video beredar di platform TikTok yang menyatakan Ibu Kota Nusantara (IKN) batal menjadi Ibu Kota Negara Indonesia.

Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Ada Kabar IKN Nusantara di Kalimantan Timur Batal, Kominfo Berikan Faktanya
Kementerian PUPR
Desain maket Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur terus dilakukan pemeritahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Namun, dalam perjalanan pembangunan, terdapat kabar di media sosial yang menyebarkan IKN di Kalimantan Timur batal sebagai Ibu Kota Negara, gantikan DKI Jakarta.

Mengutip Websiten Kominfo, kabar tersebut muncul dari sebuah video beredar di platform TikTok yang menyatakan Ibu Kota Nusantara (IKN) batal menjadi Ibu Kota Negara Indonesia.

Video tersebut diunggah pada 18 Mei 2024.

Baca juga: Dukung Pembangunan Ibu Kota Nusantara, Badan Bank Tanah Gandeng Anak Usaha Otorita IKN

Menyikapi kabar tersebut, Kominfo pun memastikan informasi yang disampaikan merupakan kabar bohong atau hoaks.

Adapun faktanya yang disampaikan Kominfo, sebagai berikut:

Faktanya, klaim dari unggahan tersebut adalah tidak benar. Dilansir dari turnbackhoax.id, unggahan tersebut memuat sebuah artikel yang menjelaskan bahwa saat disahkannya Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (UU DKJ) pada 25 April 2024, IKN belum resmi menjadi ibu kota karena masih menunggu proses secara bertahap dan keluarnya Keputusan Presiden.

BERITA TERKAIT

Ibu kota negara akan tetap dipindahkan dan Jakarta berganti menjadi Daerah Khusus Jakarta.

Setelah dilakukan penelusuran, video ini memuat tangkapan layar yang diketahui terdapat dalam laman ayobandung.com. Melansir dari kompas.com, pemindahan ibu kota ke IKN akan dilakukan secara bertahap.

Selain itu, pada pasal 2 nomor 2 UU DKJ Tahun 2024 dijelaskan bahwa Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta diubah namanya menjadi Provinsi Daerah Khusus Jakarta.

Tunggu Ada Air Bersih

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan, dua menteri Indonesia Maju bakal ikut pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) pada Juli mendatang.

Kedua menteri tersebut yakni Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi dan Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin.

"Kalo rencananya Menhub Menkes. Beliau ingin (pindah) bareng, Menkeu belum mungkin enggak tau ya," kata Basuki usai menghadiri acara Halal Bihalal Kementerian Keuangan di Gedung Dhanapala, Rabu (24/4/2024).

Meski begitu Basuki menyatakan, kepindahannya baru akan terlaksana ketika air minum di IKN sudah terdistribusi dengan baik.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas