Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Lima Pilar Ini Disebut Dapat Kuatkan Indonesia dalam Pengelolaan Swasembada Pangan

Investor sangat dibutuhkan, sehingga diharapkan banyak pengusaha yang tertarik untuk membantu mengelola lahan-lahan yang ada di penjuru daerah.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Lima Pilar Ini Disebut Dapat Kuatkan Indonesia dalam Pengelolaan Swasembada Pangan
HO
Founder Yayasan JHL Merah Putih Kasih (JHL Foundation) Jerry Hermawan Lo. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam mewujudkan kemandirian dan kedaulatan pangan di Indonesia, dibutuhkan solusi serta dukungan semua pihak.

Founder Yayasan JHL Merah Putih Kasih (JHL Foundation) Jerry Hermawan Lo mengatakan, ada lima pilar yang diperlukan agar Indonesia semakin kuat dalam pengelolaan swasembada pangan.




Ia menyebut, pilar pertama yaitu sumber daya alam. Dalam hal ini Indonesia memiliki sumber daya alam melimpah dan siap untuk dikelola.

Kemudian pilar kedua yakni infrastruktur.

Baca juga: Berdampak Pada Ketahanan Pangan, Bapanas: Perlu Ada Perpres untuk Tekan Angka Food Waste

"Sejak kepemimpinan Presiden Jokowi (Joko Widodo) pembangunan infrastruktur sudah sangat luar biasa. Jadi pengangkutan hasil alam dari desa menuju kota sudah jauh lebih baik," ujarnya ditulis Sabtu (13/7/2024).

Ketiga adalah penegakan hukum. Menurut Jerry, penegakan hukum di Indonesia saat ini sudah berjalan baik.

BERITA TERKAIT

Sedangkan yang keempat adalah sumber daya manusia (SDM). Dan yang kelima adalah peran serta investor.

Menurutnya, investor sangat dibutuhkan, sehingga diharapkan banyak pengusaha yang tertarik untuk membantu mengelola lahan-lahan yang ada di penjuru daerah.

Jerry mengaku kini sedang sedang mencetak 1.000 sarjana pertanian dari putra-putri Indonesia. Program tersebut diawali dengan pembangunan SMK Pertanian di Ciemas, Sukabumi Jawa Barat.

Selanjutnya Yayasan memberi beasiswa mahasiswa S1 dan S2 pertanian dan peternakan. Ditekankan penerima beasiswa ini setelah menyelesaikan pendidikannya memiliki komitmen kuat untuk mengabdikan dirinya pada sektor pertanian atau peternakan dimanapun si seluruh Indonesia.

Pembangunan SMK Pertanian ini merupakan kerja sama antara JHL Foundation dan Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabes AD) yang kini dikomandoi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Maruli Simanjuntak.

"Jadi mereka ikut kerja petani yang sudah terlatih sama ada guru pembimbingnya, sambil mereka belajar kurikulum wajib untuk mendapat Paket B dan Paket C juga ketrampilan pertukangan, menjahit dan lain-lain. Setelah lulus bagi yang bakat pendidikannya bagus, kita kerja sama dengan IPB atau perguruan tinggi mana pun juga yang bisa menerima murid-murid kita khusus di bidang pertanian," ungkap Jerry.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas