Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Otorita IKN Janji Bikin Nusantara Jadi Kota Dicintai Warganya, Kampung Nelayan Jenebora Ikut Digusur

Otorita IKN juga telah menyediakan wilayah relokasi untuk warga yang terdampak dari pembangunan IKN.

Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Otorita IKN Janji Bikin Nusantara Jadi Kota Dicintai Warganya, Kampung Nelayan Jenebora Ikut Digusur
AFP/YASUYOSHI CHIBA
Foto ini menunjukkan Istana Kepresidenan Indonesia yang baru (tengah) di masa depan ibu kota Nusantara, di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada 11 Juli 2024. - Kota baru ini dijadwalkan mulai beroperasi sebagai pusat politik baru negara itu pada 17 Agustus 2024 saat HUT RI ke-79 di calon ibu kota Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada 11 Juli 2024. (Photo by Yasuyoshi CHIBA / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM, - Pemerintah terus melakukan pembangunan kawasan IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

Otorita IKN pun berjanji akan membangun kota yang akan dicintai warganya.

Di sisi lain, dampak pembangunan IKN Nusantara terdapat kampung yang terpaksa digusur seperti Kampung Nelayan Jenebora.

Sekretaris Otorita IKN, Achmad Jaka Santos Adiwijaya mengatakan, dalam membangun Nusantara diperlukan sinergi bersama berbagai pihak.

Oleh karena itu, Otorita IKN bersama Staf Khusus Presiden, Grace Natalie menggelar Focus Group Discussion (FGD) bertajuk "Isu-isu Strategis Terkait Ibu Kota Nusantara".

Baca juga: Jokowi Perkirakan IKN Baru 15% Saat 17 Agustus: Masih Perlu Investor

"Diskusi seperti ini sangat bermanfaat untuk memperkuat koordinasi dan memastikan bahwa semua program pembangunan berjalan sesuai dengan rencana," ujar Jaka dikutip dari Website OIKN, Rabu (17/7/2024).

Menurutnya, pembangunan ibu kota baru ini pastinya memiliki waktu panjang, terlebih nantinya akan menjadi kota hijau, cerdas, dan berkelanjutan.

BERITA TERKAIT

“Saat ini pembangunan Nusantara masih ada di fase pertama yaitu pembangunan fasilitas dan sarana prasarana dasar,dan tantangan ini menjadi tantangan pertama yang dihadapi Bangsa Indonesia untuk memindahkan ibu kota sejauh 1260 KM dan melewati laut. Tidak hanya itu, kita juga membuat Nusantara menjadi kota yang layak huni dan dicintai oleh warganya,” tambah Jaka.

Ia menyebut, birokrasi dan sistem yang telah lebih dahulu terbentuk di daerah sekitar Nusantara akan sangat membantu perkembangan Nusantara dan disaat yang sama hadirnya Nusantara akan meningkatkan pembangunan di berbagai sektor bagi daerah mitra Nusantara.

Penjabat (Pj.) Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik, juga menekankan pentingnya peran serta masyarakat dalam setiap tahapan pembangunan IKN.

"Dukungan dari masyarakat lokal merupakan faktor kunci dalam kesuksesan proyek ini. Kami berharap masyarakat dapat terus berpartisipasi aktif dan memberikan kontribusi positif," kata Akmal.

Grace menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat dalam mewujudkan visi besar pembangunan Ibu Kota Nusantara.

“Masukan dari berbagai pihak sangat diperlukan untuk memastikan bahwa setiap langkah pembangunan dilakukan secara inklusif, dan lebih banyak memecahkan permasalahan,” ujar Grace.

Hasil dari diskusi ini akan dijadikan bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan strategis terkait pembangunan Nusantara sebagai ibu kota baru Indonesia.

Dampak Pembangunan IKN

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas