Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Indonesia Dibanjiri Mobil Listrik Buatan China, DPR Ingatkan Pemerintah Jangan Terlena

DPR menilai menilai, masuknya mobil listrik China merupakan kejelian produsen negeri tirai bambu tersebut dalam melihat kesempatan di pasar otomotif.

Penulis: willy Widianto
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Indonesia Dibanjiri Mobil Listrik Buatan China, DPR Ingatkan Pemerintah Jangan Terlena
HO
Pimpinan Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saat gelaran GIIAS tahun 2024 mobil listrik buatan China banyak bermunculan. Mobil-mobil listrik tersebut bersanding dengan dominasi mobil dari Jepang, Korea dan Eropa.

Terkait hal itu, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno menilai, masuknya mobil listrik China merupakan kejelian produsen negeri tirai bambu tersebut dalam melihat kesempatan di pasar otomotif Indonesia.

"Mereka tidak bersaing head to head dengan mobil konvensional yang pasarnya dikuasai Toyota, Honda, Nissan, Mercedes, BMW dan lainnya, namun mereka masuk ke ceruk pasar yang tumbuh cepat dan belum dikuasai para raja otomotif dunia, yaitu mobil listrik," kata Eddy, Rabu (31/7/2024).

Sekjen PAN ini menyampaikan, fenomena maraknya mobil listrik ini jangan sampai membuat konsumen otomotif Indonesia yang begitu besar jumlahnya hanya menjadi target pasar dari produsen mobil listrik China ini.

"Pemerintah Indonesia tidak boleh lengah dan terlena dengan maraknya mobil listrik ini. Peluang ini harus pemerintah dimanfaatkan untuk membangun industri kendaraan listrik di Indonesia. Produsen mobil listrik yang saat ini banyak mendapatkan insentif pemerintah, baik fiskal maupun non fiskal, wajib membangun fasilitas produksi otomotif mereka di Indonesia sebelum memasarkan lebih banyak lagi kendaraan roda empat yang masih diimpor langsung dari negeri jiran," ujarnya.

Menurut Eddy, perlu political will yang kuat dan berani dari pemerintah Indonesia untuk membangun posisi tawar dengan China dalam upaya win-win pembangunan industri kendaraan listrik di Indonesia.

"Jika para produsen electric vehicle ingin meraup pasar Indonesia yang sangat menjanjikan, mereka wajib membangun industri otomotif di Indonesia, mempekerjakan putra-putri Indonesia dan melakukan transfer teknologi agar kita semua berada dalam sebuah skema win-win situation," lanjutnya.

BERITA TERKAIT

Pemerintah Indonesia harus memberikan batasan waktu pada produsen kendaraan listrik membangun pabrikan di dalam negeri.

"Kalau sampai jangka waktu yang ditentukan tidak ada pabrikan yang dibangun, maka segera cabut berbagai insentif yang mereka nikmati atau kenakan bea masuk atas produk yang masuk ke  pasar Indonesia. Semua ini dilakukan agar Indonesia tidak hanya menjadi konsumen, tetapi juga mendapatkan kesempatan menjadi basis produksi bagi kendaraan listrik," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas