Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kementerian Kelautan dan Perikanan Bersama KAI Logistik Dongkrak Industri Ikan Hias di Blitar

Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan pengiriman ikan hias dari Segitiga Emas (Kabupaten Blitar, Tulungagung, dan Kediri) ke wilayah lain.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Kementerian Kelautan dan Perikanan Bersama KAI Logistik Dongkrak Industri Ikan Hias di Blitar
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Ilustrasi. KAI Logistik mendukung sektor industri ikan hias melalui dukungan terhadap pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) ikan hias binaan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Blitar. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Industri ikan hias menjadi salah satu sektor strategis yang didorong pemerintah turut menggerakan roda perekonomian nasional, di mana Indonesia menjadi eksportir ikan hias terbesar ke dua di dunia.

Untuk mendukung program pemerintah, KAI Logistik mendukung sektor industri ikan hias melalui dukungan terhadap pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) ikan hias binaan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Blitar.

Direktur Utama KAI Logistik, Fredi Firmansyah menjelaskan, pelaku usaha membutuhkan kepastian ketepatan waktu distribusi untuk dapat mempertahankan kualitas produk, untuk itu KAI Logistik mefasilitasi kebutuhan tersebut melalui segmen bisnis KALOG Express yang berfokus kepada layanan kurir atau retail.

Baca juga: Indonesia Eksportir Ikan Hias Air Tawar Terbesar Dunia, Pembudidaya Didominasi UMKM

Selain memfasilitasi pengiriman dengan jaminan ketepatan waktu, kata Fredi, perseroan juga turut memberikan stimulus berupa pemberian harga khusus berupa diskon 30 persen untuk pengiriman ikan hias.

"Dengan adanya pemberlakuan diskon ini, kami berharap mampu meringankan pelaku UMKM dalam menjalankan bisnis usahanya khususnya dalam biaya logistik,” papar Fredi.

Direktur Logistik KKP, Berny Achmad Subki mengatakan, kerja sama ini langkah strategis dalam distribusi hasil perikanan salah satunya ikan hias.

BERITA TERKAIT

"Diharapkan hal ini mampu meningkatkan efisiensi logistik untuk mendorong pertumbuhan UKM sektor KP," ucapnya.

Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan pengiriman ikan hias dari Segitiga Emas (Kabupaten Blitar, Tulungagung, dan Kediri) ke wilayah lain di Pulau Jawa.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas