Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Dukung Bank Indonesia, GoPay Dorong Perluasan QRIS Secara Nasional

Lewat aplikasi merchant ini, pelaku usaha dapat dengan mudah mendaftar QRIS untuk bisa menerima pembayaran digital serta bisa mengatur jadwal pencaira

Penulis: Matheus Elmerio Manalu
Editor: Vincentius Haru Pamungkas
zoom-in Dukung Bank Indonesia, GoPay Dorong Perluasan QRIS Secara Nasional
istimewa
Pembayaran QRIS menggunakan aplikasi GoPay 

TRIBUNNEWS.COM - Unit bisnis financial technology GoTo Financial terus mendukung upaya Bank Indonesia untuk mendorong percepatan dan perluasan penggunaan QRIS di seluruh Indonesia. Salah satunya dengan kehadiran aplikasi GoPay untuk konsumen dan aplikasi GoPay untuk UMKM. 

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) merupakan standar kode QR nasional yang bisa digunakan oleh seluruh penyedia jasa pembayaran di Indonesia, sehingga transaksi pembayaran digital menjadi lebih mudah, cepat dan aman.

Sejalan dengan komitmen ini, GoTo Financial telah meluncurkan Aplikasi GoPay untuk konsumen dan juga Aplikasi GoPay untuk UMKM (GoPay Merchant App). 




Peluncuran kedua aplikasi ini bertujuan untuk mendorong penggunaan QRIS oleh masyarakat dan UMKM Indonesia.

Head of Regulatory and Public Affairs GoTo Financial Budi Gandasoebrata mengakui kehadiran QRIS telah memberi berbagai manfaat, baik bagi konsumen maupun UMKM. 

Bagi konsumen, QRIS membuat pembayaran nontunai menjadi lebih praktis, cepat dan aman. Sementara bagi para UMKM, masih menurut Budi Gandasoebrata, QRIS memudahkan UMKM dalam menerima pembayaran digital, mengurangi biaya operasional karena biaya QRIS cenderung lebih rendah dibandingkan metode pembayaran nontunai lainnya, serta memperluas akses pasar.

“Kami percaya adopsi QRIS dapat meningkatkan inklusi keuangan dan semakin mendorong ekonomi digital di Indonesia,” pungkas Budi.

Baca juga: Lewat Teknologi dan Edukasi, GoPay Mendukung Pemberantasan Judi Online di Indonesia

BERITA TERKAIT

GoPay platform layanan keuangan digital lengkap

Aplikasi GoPay telah diluncurkan pada bulan Juli 2023 yang lalu sebagai platform layanan keuangan digital lengkap, termasuk layanan pembayaran menggunakan  QRIS

Sementara itu, Aplikasi GoPay untuk UMKM (GoPay Merchant App), diluncurkan pada Juli 2024 dengan dengan misi membantu UMKM mengelola keuangan dengan lebih baik. 

Lewat aplikasi merchant ini, pelaku usaha dapat dengan mudah mendaftar QRIS untuk bisa menerima pembayaran digital serta bisa mengatur jadwal pencairan pendapatan kapan saja, hingga akses ke pinjaman modal. 

Selain itu, GoPay menghadirkan Opsi GoPay Spiker, alat suara yang mengeluarkan notifikasi sesuai nominal transaksi untuk mencegah penipuan.

Selain menghadirkan teknologi, GoPay juga rutin memberikan edukasi mengenai pengelolaan keuangan serta keamanan dalam bertransaksi digital melalui program “Pintar Bareng GoPay”. 

GoPay juga turut berpartisipasi dalam kegiatan Pekan QRIS Nasional yang diadakan oleh Bank Indonesia di Tarakan, Lampung dan Medan.

Baca juga: Aplikasi GoPay Merchant Diluncurkan, Dukung Perjuangan UMKM Berkembang

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas