Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Menhub Klaim Bandara IKN Siap Didarati Pesawat Presiden Jokowi September 2024

Menhub menyatakan, Bandara Ibu Kota Nusantara siap didarati oleh pesawat kepresidenan RI pada September 2024 mendatang.

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Sanusi
zoom-in Menhub Klaim Bandara IKN Siap Didarati Pesawat Presiden Jokowi September 2024
HO
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat meninjau Bandara IKN, Minggu (25/8/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan, Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) siap didarati oleh pesawat kepresidenan RI pada September 2024 mendatang.

Diketahui Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan bakal pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada September.




"(Bisa didarati pesawat presiden) awal September," kata Menhub Budi kepada wartawan di Kawasan Ancol, Jakarta Utara, Senin (26/8/2024).

Baca juga: Menhub Budi Klaim Uji Coba Bandara IKN Berjalan Lancar

Sayangnya Menhub Budi irit bicara menyoal kondisi terkini Bandara IKN, setelah kemarin sempat diuji coba runway dengan pesawat kalibrasi jenis King Air tipe 200 PK CAO.

"Iya," ujar Menhub Budi berseri seraya mengacungkan dua jempol tangannya.

Adapun kabar Presiden Jokowi yang akan pindah di IKN itu disampaikan langsung oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Jumat (23/8/2024).

BERITA TERKAIT

"Kalau yang saya tahu, programnya Pak Presiden kalau nanti bandaranya beroperasi minggu pertama September, beliau pindahan," ujarnya, Jumat lalu.

Basuki menyampaikan, pembangunan runway atau landasan pacu Bandara VVIP IKN sepanjang 2.200 meter diperkirakan beres pada 2 September 2024. Target ini optimis dicapai bila cuaca di IKN mendukung atau tidak hujan.

Adapun, setelah pembangunan runway selesai, akan dilakukan pemasangan lampu-lampu di sepanjang jalurnya.

"Runway selesai, nanti dua hari masang lampu-lampu, sehingga bisa dimanfaatkan pada minggu pertama (September)" kata Basuki.

Baca juga: Menhub Budi Karya Minta Pelni Tingkatan Konektivitas Daerah 3TP

Plt Kepala Otorita IKN itu juga mengungkapkan terkait kesiapan sarana dan prasarana di IKN. Menurut dia, kantor presiden sudah siap digunakan, termasuk tempat tinggal Presiden Jokowi di Istana Negara.

Selain itu, sebanyak 14 rumah menteri juga telah siap dan terus ditambah pembangunannya. Basuki menambahkan, rumah aparatur sipil negara (ASN) juga turut dirampungkan, termasuk untuk karyawan PUPR dan Otorita IKN (OIKN).

"Kantor Presiden siap, tempat tinggal presiden di Istana siap, rumah menteri sudah 14, mungkin sekarang sudah tambah lagi siap," ucap dia dikutip dari Kontan, Sabtu (24/8/2024).

Baca juga: Proyek Bandara IKN Terancam Molor, Menhub Budi Siapkan Dua Skenario Tamu VVIP saat HUT RI di IKN

"Rumah ASN juga beberapa kan sudah ada, misalnya yang (zona) 4 untuk PU dan OIKN siap, bertahap terus," tambah Basuki.

Tak hanya Presiden Jokowi, Basuki mengatakan bahwa dirinya akan turut pindah untuk berkantor di IKN. Sebab kantor sementara Kementerian PUPR dan OIKN juga telah tersedia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas