Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

MD Entertainment Akuisisi 80 Persen Saham NETV Senilai Rp 1,65 Triliun

Emiten PT MD Entertainment Tbk menyiapkan dana Rp 1,65 triliun untuk mengakuisisi 80,05 persen saham PT Net Visi Media Tbk, pengelola NETV.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in MD Entertainment Akuisisi 80 Persen Saham NETV Senilai Rp 1,65 Triliun
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Emiten PT MD Entertainment Tbk (FILM) menyiapkan dana Rp 1,65 triliun untuk mengakuisisi 80,05 persen saham PT Net Visi Media Tbk, pengelola NETV. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepemilikan saham stasiun televisi NETV akan segera berpindah tangan. Emiten PT MD Entertainment Tbk (FILM) menyiapkan dana Rp 1,65 triliun untuk mengakuisisi 80,05 persen saham PT Net Visi Media Tbk, pengelola NETV.

Dalam akuisisi ini, MD Entertainment akan membeli 25,22 miliar saham seri baru yang akan NETV dalam skema private placement dengan nominal Rp 50 per saham dengan total nilai pengambil bagian sebesar Rp 1,26 triliun.

MD Ezntertainment juga akan membeli sekitar 7,88 miliar saham NETV dari PT Teladan Investama, PT Indika Inti Holdiko dan PT Sinergi Lintas, masing-masing dengan nilai nominal Rp 200 per saham setelah penggabungan dengan total harga Rp 394,44 miliar.




Untuk membiayai rencana akuisisi ini, MD Entertainment juga akan melakukan private placement. PT Permata Surya Gitatama dan PT Teladan Investama akan menyerap saham baru yang diterbitkan perseroan senilai Rp 661,95 miliar yang dananya dari konversi utang.

Sekretaris Perusahaan MD Entertainment Fidela Hasworini mengatakan, dengan adanya akuisisi ini, secara tidak langsung akan penambah kegiatan usahanya dalam industri media dan hiburan khususnya penyiaran televisi.

"Ini akan memungkinan FILM untuk menjadi salah satu pemain kompetitif di pasar media dan hiburan Indonesia dan diharapkan dapat meningkatkan nilai bagi pemegang saham," katanya dalam keterbukaan informasi, Kamis (29/8/2024).

Fidela menambahkan, transaksi material ini akan mengembangkan bisnis perusahaan dengan meningkatkan akses kepada saluran distribusi televisi. Sementara, bagi NETV, akuisisi ini akan mendapatkan akses kepada kapabilitas produksi yang dimiliki perseroan.

Baca juga: Dugaan Fraud di Balik Batalnya Akuisisi Bank Muamalat oleh BTN

BERITA TERKAIT

Pasca akuisisi nanti, MD Entertainment akan menjadi pemegang saham pengendali baru NETV. Perseroan akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUSLB) pada 4 Oktober 2024.

Saat ini NETV dimiliki oleh Indika Group melalui Net Visi Media. Mereka melakukan siaran percobaan pada 18 Mei 2013 dan resmi mengudara pada 26 Mei 2013 pukul 19.00 WIB.

Sebelum diambil alih oleh Indika, stasiun televisi ini memiliki nama Spacetoon dengan siaran terestrial.

Laporan Yuliana Hema | Sumber: Kontan

Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas