Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Trump Akan Beri Potongan Pajak untuk Mobil Produksi AS

Mobil yang dibuat di Eropa atau Asia tidak akan memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan, karena syarat utamanya

Penulis: Lita Febriani
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Trump Akan Beri Potongan Pajak untuk Mobil Produksi AS
Bitcoin News
Donald Trump 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani 

TRIBUNNEWS.COM - Kandidat presiden Amerika Serikat Donald Trump berjanji akan memberikan potongan pajak kepada pembeli mobil Amerika, tetapi hanya untuk kendaraan roda empat produksi AS.

Mobil yang dibuat di Eropa atau Asia tidak akan memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan, karena syarat utamanya adalah dibuat di Amerika.

Melansir Carscoops, Trump berpikir jika mengurangi bunga pinjaman mobil dari tagihan pajak federal akan meningkatkan produksi kendaraan dalam negeri.

Baca juga: Sebanyak 68 Mobil Listrik Toyota bZ4X Kawal Tamu Delegasi di Pelantikan Prabowo-Gibran 

Kamala Harris telah mendapatkan dukungan dari serikat pekerja United Auto Workers dalam upayanya untuk menjadi presiden wanita pertama Amerika, tetapi saingannya Donald Trump berusaha untuk memikat orang-orang yang membeli mobil, bukan hanya membuatnya, dengan menawarkan pemanis finansial.

Selain berharap dapat memenangkan pemilih dengan membuat pembiayaan mobil lebih terjangkau, Trump mengandalkan skema tersebut untuk meningkatkan produksi mobil di AS.

Ini berarti siapa pun yang membeli mobil yang dibuat di luar Amerika tidak akan memenuhi syarat untuk mendapatkan keringanan pajak.

BERITA REKOMENDASI

Meskipun sebagian besar produsen mobil asing kini memiliki pabrik di AS yang memproduksi lini model tertentu, mobil-mobil tersebut mungkin juga akan mendapat keringanan, tapi masih banyak mobil populer yang tidak masuk dalam daftar, seperti BMW seri 3.

"Saya tidak ingin menguntungkan negara lain, saya ingin menguntungkan kita. Pengurangan bunga itu bagus, tetapi hanya jika mobil itu diproduksi di Amerika Serikat. Mengapa kita harus memberi mereka pajak jika mereka memproduksi mobil di Tiongkok, Jepang atau banyak tempat lain yang mencuri bisnis kita selama bertahun-tahun?" ucap Trump dikutip dari Carscoops.

Memberikan keringanan pajak pada mobil buatan AS hanyalah satu bagian dari rencana Trump untuk membujuk warga Amerika agar membeli kendaraan buatan lokal. Ia juga berjanji untuk memberlakukan tarif tinggi pada mobil yang dibuat di Tiongkok dan bahkan Meksiko.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas