Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KSAL Resmikan RS Darurat Covid-19 TNI AL di Pasir Angin Bogor

RSDC TNI AL di Pasir Angin tersebut dilengkapi dengan alat kesehatan dan fasilitas pendukung untuk perawatan

Penulis: Gita Irawan
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in KSAL Resmikan RS Darurat Covid-19 TNI AL di Pasir Angin Bogor
MARK FELIX / AFP
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono didampingi Ketua Umum Jalasenastri Vero Yudo Margono meresmikan penggunaan Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) TNI AL, di Komplek TNI AL Pasir Angin, Bogor, Jawa Barat pada Selasa (21/7/2020).

RSDC TNI AL di Pasir Angin tersebut dilengkapi dengan alat kesehatan dan fasilitas pendukung untuk perawatan pasien Covid-19.

Rumah sakit tersebut dibangun pada tahun 2012 di atas tanah seluas sekitar 2.500 meter² dengan luas bangunan 300 meter². 

Baca: Upaya Terobosan di Tengah Pandemi Covid-19, Kejaksaan Gelar 124.262 Sidang Via Video Conference

Selain itu RSDC TNI AL memiliki 5 kamar dengan 18 tempat tidur yang dilengkapi dengan ruangan Hepa Filter bertekanan negatif, dan juga Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL).

Tenaga medis yang bertugas di rumas sakit tersebut berjumlah 37 personel dari Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Diskesal) dan Diskes Lantamal III Jakarta.

Peresmian penggunaan RSDC TNI AL Pasir Angin ini diawali dengan laporan kesiapan Komandan Lantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Hermanto dilanjutkan dengan penekanan tombol dan penandatanganan prasasti oleh Kasal serta pengguntingan pita oleh Ketua Umum Jalasenastri. 

BERITA TERKAIT

Setelah diresmikan, Yudo dan rombongan meninjau langsung ruangan-ruangan RSDC TNI AL.

Dalam sambutannya Yudo menyampaikan untuk mengurangi penyebaran Covid-19 yang terus meningkat, TNI AL berkomitmen untuk turut serta dalam penanggulangan wabah tersebut. 

Baca: Gelar Operasi Jaya di Tengah Pandemi Covid-19, Polisi Tak Akan Gunakan Baju Hazmat

“Rumah Sakit TNI AL di Pasir Angin ini dirubah menjadi RSDC TNI AL dengan tujuan agar dapat digunakan oleh segenap anggota TNI AL beserta keluarga dan masyarakat umum,” kata Yudo dalam keterangan resmi Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut pada Selasa (21/7/2020).

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Ketua Umum Jalasenastri Dien Mintoro Yulianto, para Pejabat Utama Mabesal, Pimpinan Kotama TNI AL wilayah Jakarta, Pengurus Pusat Jalasenastri dan undangan terkait lainnya.

--

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas