Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tingkatkan Profesionalitas Kerja saat Pandemi, Kementerian PANRB Sediakan Konseling Bagi Pegawainya

Kesehatan mental merupakan hal yang mendapat perhatian belakangan ini. Kenyataan bahwa pandemi Covid-19 yang masih menghantui, hingga harus beradap

Tingkatkan Profesionalitas Kerja saat Pandemi, Kementerian PANRB Sediakan Konseling Bagi Pegawainya
Instagram/get.kalm
ilustrasi.Platform konseling daring, KALM ikut merayakan Hari Kesehatan Mental Sedunia yang jatuh pada Sabtu (10/10/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kesehatan mental merupakan hal yang mendapat perhatian belakangan ini. 

Kenyataan bahwa pandemi Covid-19 yang masih menghantui, hingga harus beradaptasi dengan tatanan normal baru hampir di segala lini kehidupan, membuat hal tersebut mempengaruhi psikologis diri pegawai hingga tak jarang berdampak pada performa kerja dan produktivitas.

Menyadari hal tersebut, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyediakan konseling bagi para pegawainya. 

“Tujuannya lebih menarik, bukan hanya konseling kinerja, tapi juga pengembangan diri yang nantinya berkaitan dengan masalah karier,” kata Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Umum Kementerian PANRB Sri Rejeki Nawangsasih saat membuka kegiatan Sosialisasi Konseling Pegawai Kementerian PANRB bertema ‘Optimalisasi Diri Melalui Konseling’ secara daring, Kamis (10/6/2021).

Konseling ini, dikatakan Sri, bebas dari intervensi Biro SDMU Kementerian PANRB sebagai penyelenggara dan dapat dijamin bahwa kerahasiaannya akan terjaga. 

Sehingga para pegawai memiliki wadah untuk menyalurkan permasalahan yang menjadi kendala maupun kebutuhannya untuk meningkatkan kualitas kinerjanya kepada para konselor yang profesional. 

Adanya konseling kinerja ini diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para pegawai. 

Baca juga: Kementerian PANRB Hadirkan Layanan Terintegrasi Lewat Cafe Pelayanan Publik di Trenggalek

“Kita cari solusi untuk meringankan apa yang perlu disampaikan oleh pegawai, tapi tidak bisa disampaikan kepada atasan atau teman. Jika dimanfaatkan dengan baik, mudah-mudahan bisa jadi solusi bagi kita dalam bekerja,” imbuhnya. 

Terkait pengembangan diri tersebut, Evangeline Imelda Suaidy, seorang Psikolog Klinis yang hadir sebagai narasumber dalam acara ini mengatakan bahwa adaptasi menjadi hal yang penting dalam dunia aparatur sipil negara (ASN). 

Dibutuhkan passion dan perasaan gembira agar dapat mengembangkan kompetensi diri dengan lebih maksimal.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas