Tribun

Penanganan Covid

Balai Kemensos Sediakan Fasilitas Isolasi untuk OTG Covid-19

Kementerian Sosial menyiapkan tempat khusus di balai-balai untuk menjalani isolasi bagi pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19. 

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Johnson Simanjuntak
Balai Kemensos Sediakan Fasilitas Isolasi untuk OTG Covid-19
Warta Kota/Nur Ichsan
Petugas mempersiapkan sarana dan prasarana yang akan digunakan para pasien Covid-19 di tempat penampungan sementara di aula Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari, Jakarta, Rabu (23/6/2021). Aula Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari kembali difungsikan sebagai tempat penampungan dan perawatan pasien Covid-19 kategori orang tanpa gejala (OTG) sebagai langkah antisipasi lonjakan pasien Covid-19 yang sudah tak tertampung di rumah sakit. Warta Kota/Nur Ichsan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Sosial menyiapkan tempat khusus di balai-balai untuk menjalani isolasi bagi pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19

Dirjen Rehabilitasi Sosial Kemensos Harry Hikmat mengatakan ada 41 balai yang tersebar di seluruh daerah. 

"Isolasi bagi OTG di balai yang ada di Jakarta berkapasitas 38 kamar, sedangkan di balai Bekasi, yaitu di balai Budi Dharma dan Pangudi luhur masing-masing berkapasitas 10 kamar, satu orang satu kamar," ungkap Harry melalui keterangan tertulis, Sabtu (26/6/2021). 

Petugas kesehatan di 41 balai milik Kemensos bakal memeriksa pasien serta mengecek hasil swab pasien OTG

Setiap balai milik Kemensos harus memiliki kapasitas untuk merespon kasus-kasus anak.

“Di 41 balai-balai itu berfungsi sebagai tempat aduan, termasuk jika ada anggota keluarga anak atau orang tuanya terpapar Covid-19," ucap Harry.

Baca juga: Kasus Covid-19 pada Anak Naik, Kemenkes Kaji Vaksin Sinovac dan Pfizer untuk Vaksinasi Anak

Bagi orang tua yang tengah menjalani perawatan Covid-19, maka anak-anak mereka harus tetap bisa dalam pengasuhan untuk sementara waktu di balai.

Berdasarkan kerja sama dengan United Nations Children's Fund (Unicef) terdapat Standard Operating Procedure (SOP) bagi anak-anak yang terdampak Covid-19.

“Seluruh balai harus siap melayani keluarga yang membutuhkan pertolongan dan menjadi tempat bagi anak yang masih membutuhkan pengasuhan," pungkas Harry.
 

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas