Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

KSAL Resmikan Gedung Karang Pucung Lanmar Surabaya Sebagai RS Darurat Covid-19 di Surabaya

Pada kesempatan itu Yudo didampingi Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono,

KSAL Resmikan Gedung Karang Pucung Lanmar Surabaya Sebagai RS Darurat Covid-19 di Surabaya
Dispen AL
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono di Gedung Karang Pucung Pangkalan Marinir (Lanmar) Surabaya di Jalan Jambi, Darmo, Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur yang diresmikan sebagai Rumah Sakit Darurat Covid-19 pada Jumat (20/8/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono meresmikan Gedung Karang Pucung Pangkalan Marinir (Lanmar) Surabaya di Jalan Jambi, Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur sebagai Rumah Sakit Darurat Covid-19 pada Jumat (20/8/2021).

Pada kesempatan itu Yudo didampingi Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Pembangunan rumah sakit tersebut merupakan wujud upaya TNI AL membantu Pemerintah Jawa Timur khususnya dalam penanggulangan penyebaran virus Covid-19.

Baca juga: Berinovasi Penanganan Covid-19 di Papua, Hana Krismawati Ungkap Dilakukan untuk Generasi Mendatang

Rumah sakit tersebut awalnya digunakan sebagai barak siaga untuk Prajurit Marinir TNI AL yang akan melaksanakan penugasan.

Rumah sakit itu memiliki dua lantai dengan luas 3.200 meter persegi berkapasitas sampai 800 pasien.

Rumah sakit tersebut juga dilengkapi dengan sarana serta prasarana pendukung antara lain sarana inap, sanitasi, tempat berjemur, kamar mandi, WC, tempat berjemur, Wi Fi, Ruang Tenaga Kesehatan, ruang IGD, ruangan bertekanan negatif, ambulans, mesin cuci, dispenser, AC, kamera CCTV, hingga mesin karaoke.

Baca juga: Jenazah Covid di Buol Diambil Paksa Keluarga, Polisi Segera Bertindak

Rencananya rumah sakit tersebut akan difokuskan untuk perawatan pasien covid-19 bergejala ringan.

Dalam sambutannya Yudo mengucapkan terima kasih kepada Dankormar yang telah menyiapkan Rumah Sakit Darurat Covid-19 Karang Pucung.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jawa Timur serta Walikota Surabaya atas dukungan dan kerjasamanya sehingga rumah sakit itu bisa diresmikan dan dipergunakan oleh masyarakat yang berada di Jawa Timur.

Yudo berharap masyarakat yang tinggal di Surabaya dan sekitarnya dapat memanfaatkan Rumah Sakit Darurat Covid-19 tersebut.

Baca juga: Jenazah Covid di Buol Diambil Paksa Keluarga, Polisi Segera Bertindak

“Saya berharap tidak ada lagi masyarakat yang bingung mencari rumah sakit, mari kita bersatu bersama-sama untuk menangani Covid-19 ini,” kata Yudo dalam keterangan resmi Dinas Penerangan TNI AL pada Jumat (20/8/2021).

Dalam membantu pemerintah menangani Pandemi Covid-19, TNI AL beserta jajarannya di seluruh Indonesia telah melaksanakan berbagai upaya.

Upaya tersebut di antaranya serbuan vaksinasi kepada masyarakat maritim, membuat dapur lapangan untuk kebutuhan masyarakat yang melaksanakan isoman, dukungan oksigen dari KRI dr. Soeharso-990 dan KRI Semarang-594 serta donor darah konvalesen maupun regular.

Selain meresmikan rumah sakit darurat tersebut, hari ini Yudo juga meresmikan fasilitas Rumah oksigen di wilayah Rungkut Berbek dan fasilitas ICU Infeksi Covid-19 RSPAL Dr Ramelan.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas